Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Harus Diketahui

 

cara menjaga kesehatan mataBagaimana cara menjaga kesehatan mata yang baik  dan benar adalah hal penting untuk diketahui oleh setiap orang. Mata memerlukan perhatian lebih jika kita sering menggunakannya. Misalkan seberapa besar mata kita akan menderita ketika kita menghabiskan berjam-jam di depan monitor komputer dan layar TV. Mata kita akan sangat tegang dan lelah. Jadi kita harus berusaha memelihara kebiasaan baik dalam menggunakan mata. Tentu saja, kita harus mengunjungi dokter mata secara teratur.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mata

Diet dengan gizi seimbang merupakan salah satu  cara menjaga kesehatan mata. Jika kita kehilangan pandangan, mata kita menua sementara itu. Diet yang tepat akan efektif memperlambat proses penuaan. Hal ini karena beberapa antioksidan dan beta karoten yang dapat ditemukan dalam beberapa makanan, seperti buah-buahan dan sayuran. Vitamin A, C, dan E sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, misalnya beberapa katarak dan degenerasi makula.

Kita juga harus sangat berhati-hati dengan penggunaan obat tetes mata. Terkadang, obat tetes mata dapat menyebabkan kerusakan pada mata kita. Beberapa dari kita mungkin sering menggunakan obat tetes mata. Ini bukan kebiasaan yang baik. Kadang-kadang, tetes mata tidak dapat digunakan untuk beberapa pemakai lensa kontak, karena tetes mata dapat bereaksi dengan lensa kontak.

Kerapuhan di pembuluh darah juga bisa dicegah dengan mengonsumsi bilberry yang mengandung flavanoid dan anthocyanin. Otot mata kita bisa mendapat banyak manfaat dari zat ini. Minum suplemen ini setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Elastisitas yang buruk di pembuluh darah juga dapat dihindari dengan mengambil beberapa ekstrak biji anggur. Jika pembuluh darah kita kehilangan elastisitasnya, kita akan sangat menderita.

Mengkonsumsi vitamin C merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata yang efektif. Vitamin C sangat penting untuk sintesis beberapa jaringan. Seperti lutein, itu juga merupakan zat antioksidan. Minumlah suplemen vitamin C setiap hari.

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan besar pada mata kita, seperti degenerasi mata. Sejalan dengan itu, kacamata hitam sangat penting. Namun, kita juga harus menghabiskan lebih banyak waktu dalam memilih kacamata hitam yang baik yang setidaknya dapat menghalangi sinar UV. Kacamata hitam yang tidak dapat menyaring sinar UV kita dapat merusak pupil kita dan menyebabkan degenerasi makula.

Informasi tentang Degenerasi Makula

Degenerasi makula (Age-related Macular Degeneration = AMD) terjadi karena pembuluh darah di mata menjadi sangat rapuh dan darah mengalir ke jaringan mata kita. Hasil yang paling langsung adalah keburaman akibat degenerasi makula. Namun, ketika kondisinya semakin buruk, mata akan buta total.

Itu untuk mengatakan; sekali makula rusak atau menipis, penglihatan akan terpengaruh. Alasannya adalah retina kita dilindungi oleh pigmen makula dari cahaya yang datang. Semakin tipis pigmen makula kita, semakin berdampak buruk pada mata. Faktanya, beberapa zat memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi mata, misalnya lutein. Lutein adalah zat antioksidan yang sangat efektif untuk perlindungan makula.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *