Cara Menjaga Kesehatan Jantung

 

Penyakit jantung tetap menjadi penyebab utama kematian. Namun demikian dengan mengetahui cara menjaga kesehatan jantung maka resiko serangan jantung dapat diminimalkan. Tentu saja bukan hanya sekedar mengonsumsi tablet untuk menurunkan kadar kolesterol yang menghabiskan biaya. Beberapa cara di bawah ini sebagian mungkin terlihat biasa, sementara sebagian yang lain mungkin mengejutkan.

10 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

cara menjaga kesehatan jantungBerikut ini 10 cara menjaga kesehatan jantung:

1. Ikuti diet Mediterania.

Diet mediterania dipercaya sebagai diet terbaik saat ini. Diet ini hanya mengkonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Diet ini sangat membatasi mengonsumsi gula, lemak, dan daging.

2. Makan tomat.

Warna merah tomat adalah karena likopen. Likopen terbukti sebagai anti oksidan yang kuat. Penelitian juga menunjukkan itu membantu menurunkan tekanan darah dan protein C-reaktif, yang merupakan penanda untuk peningkatan resiko penyakit jantung.

3. Tertawa.

Relawan yang menonton video lucu dan menertawakan mereka ditemukan memiliki relaksasi pembuluh darah mereka. Tertawa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus dapat mengurangi stres.

4. Makan serat.

Sudah lama diketahui bahwa serat baik untuk usus. Mengonsumsi makanan kaya serat juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

5. Lakukan olahraga teratur.

Apakah itu berjalan, berlari, berenang atau berolahraga lainnya tidak masalah. Kebugaran mengurangi kemungkinan mengalami masalah jantung dan itu tidak tergantung pada manfaatnya pada berat badan.

6. Cukup terpapar sinar matahari.

Cukup terpapar sinar matahari adalah salah satu cara untuk mencukupi tubuh akan vitamin D. Orang dengan kadar vitamin D rendah lebih rentan terhadap penyakit jantung. Dapatkan sekitar 10 menit per hari dalam beberapa hari per minggu. Jumlah ini tidak akan menyebabkan kulit terbakar.

7. Makan cokelat hitam.

Polifenol dalam cokelat hitam membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Konsumsilah coklat hitam dengan kadar kakao 70% sekitar 40g per hari..

8. Kelola stres.

Faktor psikososial diperkirakan bertanggung jawab atas 30% resiko serangan jantung. Mengelola stres dengan lebih baik dikenal untuk mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Juga telah ditunjukkan bahwa bahkan untuk orang yang memiliki penyakit jantung, manajemen stres menurunkan kekambuhan dan meningkatkan kelangsungan hidup.

9. Berlatih tai-chi atau latihan meditasi lainnya.

Orang-orang yang melakukan tai-chi reguler terbukti memiliki tekanan darah rendah dan tingkat resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Hal yang sama berlaku untuk latihan meditasi teratur.

10. Tetap berfikir positif.

Tidak ada jaminan dalam hidup dan bahkan jika kita melakukan semua hal yang benar sekalipun, kita masih mungkin sakit. Bahkan jika mengalami serangan jantung, kelangsungan hidup jangka panjang dan kualitas hidup ditingkatkan dengan hanya mengambil pandangan optimis tentang kehidupan. Tidak harus berlebihan atau tidak realistis, cukup mencari hal positif berkorelasi dengan hasil yang lebih baik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *