Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

 

Mata minus, biasa disebut juga rabun jauh; adalah kondisi yang tidak bisa melihat jarak jauh dengan jelas. Hal ini disebabkan kerana bayangan benda jatuh di depan retina, tidak langsung di permukaannya. Penderitanya mengalami penglihatan jarak jauh yang buruk. Berikut ini beberapa cara mengurangi mata minus secara alami yang aman untuk dipraktekkan di rumah.

Cara-cara Mengurangi Mata Minus

Mengurangi Mata Minus Secara AlamiBanyak orang percaya bahwa mata minus dapat disembuhkan. Atau paling tidak bisa dikurangi dengan latihan dan konsumsi makanan yang tepat. Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi mata minus secara alami:

  • Latihan fokus penglihatan. Latihan bisa dilakukan dengan menempatkan jari telunjuk sekitar 10 cm dari hidung. Arahkan pandangan pada telunjuk kemudian. Kemudian alihkan fokus pandangan ke arah objek yang lebih jauh yang berada di belakang telunjuk. Terakhir, fokuskan pandangan ke telunjuk lagi. Latihan ini harus dilakukan tanpa mengubah posisi kepala. Setiap hari diulangi sebagnyak 10x.
  • Sesekali biarkan mata terpapar sinar matahari di pagi hari. Caranya adalah arahkan pandangan menghadap matahari di pagi hari dengan mata tertutup. Cara ini dipercaya untuk memberikan vitamin D ke dalam mata, sehingga mata menjadi lebih sehat dan diharapkan minus mata berkurang.
  • Lepas kaca mata jika tidak diperlukan. Dengan sesekali melepas kacamata juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata. Awalnya memang tidak nyaman, tetapi lama kelamaan mata akan terbiasa melihat obyek tanpa bantuan kacamata.
  • Lakukan senam mata. Senam mata adalah latihan dengan cara menggoyang-goyangkan bola mata: ke kanan, ke kiri, berputar dan berkedip; masing-masing 100x per hari.
  • Gunakan kacamata yang tepat. Menggunakan kacamata yang tepat yaitu setelah melalui pemeriksaan medis tentang kondisi mata. Ini diyakini dapat memberikan efek positif untuk mengurangi mata minus.
  • Rutin mengkonsumsi wortel. Salah satu sayuran yang sangat disarankan untuk kesehatan mata adalah wortel yang kaya vitamin A dan beta-karoten. Cara terbaik untuk mengkonsumsi wortel adalah dengan dibuat jus wortel tanpa tambahan gula.
  • Berhenti merokok. Merokok di samping merugikan kesehatan secara umum juga memberikan efek buruk kepada kualtias indera penglihatan, termasuk kondisi mata minus.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *