Cara Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

 

Cara menghilangkan plak gigi secara alami bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Tanpa harus pergi ke dokter gigi. Terutama bagi Anda yang enggan pergi ke dokter gigi. Dengan rutin menghilangkan plak pada gigi, berarti mencegah penyakit gusi serta kerusakan gigi secara permanen. Karena bisa dilakukan sendiri di rumah maka jangan pernah menunda membersihkan dan menghilangkan plak gigi secara rutin agar tidak timbul gangguan gusi yang lebih parah; misalnya gingivitis atau pun periodontitis.

cara menghilangkan plak gigiPlak yang menumpuk akan membentuk karang gigi, yang dalam bahasa medis disebut sebagai dental calculus (kalkulus gigi). Plak terbentuk dari sisa makanan yang mengendap dan mengandung bakteri. Air liur akan membantu sisa makanan tersebut mengalami proses sedimentasi atau pengerasan.

Plak yang sudah membentuk karang gigi akan memberikan efek negatif sebagai berikut:

  • Bau mulut. Bau mulut dipicu menumpuknya sisa-sisa makanan yang tersedimentasi, dan mengalami proses pembusukan.
  • Gigi berlubang.Plak yang sudah menumpuk sebagai karang gigi akan membuat gigi sehat menjadi keropos dan mudah berlubang. Hal ini disebabkan karena karang gigi mengeluarkan zat asam.
  • Radang gusi.Plak yang sudah menumpuk akan menyebabkan gusi gampang terkena infeksi sehingga bisa menyebabkan radang gusi.
  • Periodontitis. Radang gusi yang semakin parah akan menyebabkan periodontitis, yaitu kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Hal ini yang menyebabkan gigi mudah tanggal.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

Berikut ini adalah cara-cara untuk mencegah timbulnya plak gigi:

  • Rajin menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride; setelah makan, sebelum tidur dan bangun tidur.
  • Flossing; yaitu membersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.
  • Gunakan obat kumur (mouth wash) setelah menggosok gigi dan flossing.
  • Tidak merokok. Asap rokok yang dihisap mengandung zat-zat yang menyebabkan plak dan karang gigi. Tidak merokok akan efektif mencegah plak dan karang gigi.

Cara-cara menghilangkan plak gigi secara alami adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan baking soda. Bubuhkan baking soda pada sikat gigi kemudian gunakan untuk menyikat gigi. Lebih efektif jika ditambahkan sedikit garam.
  2. Gosokkan buah tomat dan stroberi pada seluruh permukaan gigi – diamkan sekitar 5 (lima) menit. Kandungan vitamin C pada buah tomat dan stroberi akan melunakkan plak dan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan baking soda.
  3. Cara nomor 2 di atas bisa juga menggunakan buah-buahan lainnya yang kaya vitamin C, misalnya lemon, jeruk, jambu biji dsb.
  4. Gosokkan kulit jeruk pada permukaan gigi sebelum tidur. Setelah digosok dengan kulit jeruk, tidak berlu berkumur-kumur.
  5. Campurkan 1 sdt bubuk cengkeh dengan sedikit minyak zaitun, oleskan ke seluruh permukaan gigi. Diamkan beberapa saat, kemudian kumur-kumur dengan air hangat.
  6. Campurkan 2 sdt cuka putih dengan 1 sdt garam ke dalam ½ cangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari. Cuka putih mengandung asam asetat dan zat anti bakteri yang dapat membantu mencegah demineralisasi email gigi sekaligus mencegah pembentukan plak.
  7. Berkumur dengan minyak kelapa. Kandungan senyawa asam laurat pada minyak kelapa efektif sebagai cara menghilangkan plak gigi juga untuk mencegah gigi berwarna kekuning-kuningan.

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan plak gigi secara alami.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *