Cara Mengatasi Mata Kering Secara Efektif

 

Informasi tentang cara mengatasi mata kering sangat penting, terutama bagi pemakai lensa kontak (softlens). Hampir semua pemakai lensa kontak pernah mengalami mata kering yang menyebabkan iritasi dan rasa panas seperti terbakar. Salah satu langkah yang harus diambil adalah mengamati situasi yang saat ini terjadi. Karena sering kali mata kering dapat diatasi ketika langkah yang tepat diambil.

6 (Enam) Cara Mengatasi Mata Kering

cara mengatasi mata keringBerikut adalah 6 (enam) cara mengatasi mata kering;

  • Atur posisi layar komputer di bawah level mata: Ketika posisi layar di atas level mata, pengguna cenderung membuka mata lebih lebar untuk melihat layar dengan lebih baik. Sebaliknya, ketika layar komputer lebih rendah, mata lebih rileks sehingga membantu mengurangi dehidrasi pada mata.
  • Jika berada di daerah kering dan panas terik, tutup dan kedipkan mata lebih sering untuk mengurangi kehilangan kelembaban di mata. Pertimbangkan juga untuk memakai kaca mata hitam.
  • Gunakan lensa kontak sekali pakai. Lensa kontak ini lebih lembab daripada lensa konvensional, sehingga lensa ini memberikan kenyamanan lebih lama sepanjang hari. Lensa kontak sekali pakai tidak memerlukan perawatan khusus: lepaskan lensa kontak yang lama dan pasang lensa kontak yang baru. Lensa kontak sekali pakai juga tersedia untuk pemakai astigmatik dan multifokal.
  • Sebisa mungkin hindari asap, termasuk asap rokok. Asap tidak hanya buruk bagi paru-paru, tetapi juga sangat buruk bagi mata. Asap menyebabkan lensa kontak akan terasa tidak nyaman di mata. Asap juga menyebabkan mata kering, merah, gatal dan iritasi. Ini karena asap mengeluarkan kelembaban dari udara di sekitarnya, sehingga mengeringkan mata.
  • Hindari angin/udara yang berhembus langsung ke mata: Hembusan kipas angin, AC, pemanas mobil, dan pengering rambut dapat mengeringkan mata dengan cepat.
  • Gunakan obat tetes mata yang khusus untuk menjaga kelembaban mata: Jika Anda memiliki mata kering yang persisten, pastikan untuk menggunakan obat tetes mata bahkan saat mata tidak kering. Ini akan menghindari ketidaknyamanan yang tidak perlu nantinya. Pertimbangkan untuk menggunakan obat tetes mata sebelum melepas lensa kontak. Ini akan memastikan bahwa lensa terhidrasi dengan baik dan karenanya menjadi lebih mudah dan aman untuk dilepas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *