Cara Mengatasi Kulit Berminyak

 

Cara mengatasi kulit berminyak yang paling efektif sangat ditentukan oleh penyebab dan karakter kulit yang bersangkutan. Kulit berminyak itu sendiri disebabkan oleh kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum, yaitu semacam zat lilin, berminyak; yang melindungi dan melembabkan kulit. Sebum sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Namun, terlalu banyak dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Perawatan kulit berminyak lebih memerlukan perawatan khusus dibandingkan perawatan kulit biasa.

Berikut ini kami uraikan cara-cara mengatasi kulit berminyak.

1. Cuci muka secara teratur.

Mencuci muka secara teratur dapat mengurangi minyak pada permukaan kulit. Metode berikut disarankan untuk mencuci kulit berminyak:

  • Cuci muka dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Hindari sabun dengan bahan kimia keras, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit
  • Hindari menggunakan washlap yang kasar, karena menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

Jika cara-cara tersebut tidak efektif, bisa menggunakan produk-produk perawatan wajah yang mengandung asam yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi dan benzoil peroksida

Asam-asam ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Saat memulai produk baru, gunakan itu pada area kecil di kulit terlebih dahulu untuk melihat bagaimana tubuh bereaksi.

Memilih pembersih wajah yang tepat mungkin cocok untuk sebagian orang. Pembersih wajah ringan yang dibuat dengan natrium laureth karboksilat dan alkil karboksilat efektif untuk mengatasi jerawat wajah sedang, meskipun itu meningkatkan produksi sebum di beberapa area wajah.

Bagi banyak orang yang hanya memiliki kulit berminyak dan tidak berjerawat, sabun gliserin bebas wewangian dan air panas dapat membantu.

2. Gunakan toner alami

Astringent yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun toner alami, seperti witch hazel; bersifat menenangkan kulit. Witch hazel memiliki kandungan tanin yang tinggi yang menjadikannya zat alami dan anti-inflamasi.

Pada beberapa orang, toner alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil dan menghilangkan sedikit produk atau makeup yang dapat menyumbat pori-pori. Namun, produk ini mungkin tidak berfungsi untuk semua orang. Beberapa orang menemukan bahwa wajah mereka kesemutan atau gatal ketika menggunakan astringent. Jika ini terjadi, itu merupakan tanda iritasi yang dapat menyebabkan lebih banyak produksi sebum.

Setiap toner baru yang akan digunakan harus ditest pada sepetak kecil kulit untuk menghindari kemungkinan iritasi yang lebuh luas.

3. Keringkan wajah

Keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk dengan menggunakan handuk lembut sampai kering. Tidak disarankan menggosok kulit dengan handuk, atau menggunakan kain lap kasar, karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum.

4. Gunakan masker wajah

Masker wajah efektif untuk mengatasi kulit berminyak setidaknya harus mengandung bahan-bahan sebagai berikut:

  • Clay. Masker yang mengandung mineral seperti smectite atau bentonite dapat menyerap minyak dan mengurangi tingkat kemilau kulit dan sebum tanpa mengiritasi kulit. Gunakan hanya sesekali untuk mencegah kulit mengering, dan oleskan pelembab lembut sesudahnya.
  • Madu. Madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Penggunaan madu sebagai masker wajah selama 10 menit dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak; sekaligus menjaga kulit tetap lembut.
  • Havermut. Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit. Oat mengandung saponin pembersih, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang lembut yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

5. Oleskan pelembab

Penggunaan pelembab bebas minyak, misalnya lidah buaya; dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan terlindungi, tanpa terasa berminyak. Lidah buaya bisa menjadi pelembab yang baik untuk merawat jerawat dan kulit berminyak. Senyawa tertentu dalam lidah buaya memberikan efek menenangkan pada kulit.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *