Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami

 

Bagaimana cara mengatasi gigi ngilu yang paling ampuh? Untuk mengatasi ada berapa cara yang bisa dilakukan, baik secara alami maupun secara medis. Hal itu tergantung pada penyebab gigi ngilu serta tingkat keparahannya. Cara alami efektif untuk meredakan gigi ngilu ringan, sedangkan jika sudah parah dengan penyebab yang kompleks sebaiknya ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan medis yang memadai.

cara mengatasi gigi ngiluTimbulnya rasa ngilu pada gigi biasanya merupakan penanda gigi sensitif. Sedangkan gigi sensitif merupakan penanda menipisnya lapisan pelindung gigi, yang biasa desebut dentin. Dentin terhubung dengan saluran yang berisi serabut-serabut saraf. Di samping itu baisanya juga disebabkan karena gigi berlubang.

Beberapa Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Beberapa cara mencegah gigi ngilu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jika rasa ngilu disebabkan oleh gigi sensitif, gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif untuk menggosok gigi. Penggunaan pasta gigi ini sebaiknya secara rutin, setidaknya selama 1 (satu) bulan.
  • Bersihkan gigi secara teratur. Gosok gigi setidaknya 2 (dua) kali sehari dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Untuk membersihkan sela-sela gigi, gunakan benang gigi (dental floss) yang banyak dijual di apotik-apotik.
  • Hindari makanan dan minuman yang bisa memicu munculnya rasa ngilu. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang asam, manis, terlalu dingin; bisa memicu munculnya rasa ngilu.

Jika rasa ngilu sering menyerang, berikut ini beberapa cara mengatasi gigi ngilu secara alami dan bisa dilakukan di rumah:

  • Berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam bisa meredakan rasa ngilu. Campurkan 1 sdm garam dapur ke dalam 1 (satu) gelas air hangat, guankan untuk berkumur ketika rasa ngilu menyerang.
  • Kompres dengan es batu. Gunakan es batu untuk mengompres pipi dekat gigi yang terasa ngilu. Rasa dingin es batu setidaknya akan meredakan rasa ngilu sesaat.

Resep herbal untuk mengatasi gigi ngilu:

  • Jika rasa ngilu disebabkan karena gigi berlubang, teteskan setets minyak cengkih pada bagian gigi berlubang. Minyak cengkih bisa juga digunakan untuk berkumur. Caranya adalah campurkan 3 (tiga) tetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur malam sebelum tidur.
  • Daun sirih dipercaya juga bisa mengatasi gigi ngilu. Ambil beberapa lembar daun sirih, cuci bersih kemudian haluskan. Peras ambil airnya untuk dioleskan pada gigi yang ngilu.Atau bisa juga daun sirih yang sudah dihaluskan, diseduh dengan segelas air panas. Biarkan hingga hangat, gunakan untuk berkumur.
  • Penggunaan bawang putih juga terbukti efektif untuk mengatasi gigi ngilu. Haluskan beberapa siung bawang putih, oleskan pada area gigi yang terasa ngilu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *