Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

 

Cara mencegah bau mulut saat puasa adalah hal yang penting untuk diketahui. Ini dimaksudkan agar selama puasa bau mulut kita tidak mengganggu lawan bicara. Di samping menganggu orang lain juga mempengaruhi rasa percaya diri yagn pada akhirnya mengurangi kekhusyukan kita berpuasa.

mencegah bau mulut saat puasaPada umumnya, bau mulut, atau biasa disebut sebagai halitosis disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Sisa-sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi yang membusuk, di samping faktor adanya penyakit lain di dalam tubuh.

Khusus pada saat berpuasa, bau mulut ini disebabkan karena kondisi mulut yang kering, sehingga kadar air liur berkurang. Padahal keberadaan air liur ini berfungsi untuk untuk menetralisir asam yang dihasilkan oleh plak gigi. Makanan dan minuman pada saat sahur, terutama yang beraroma menyengat seperti petai dan jengkol; juga bisa menyebabkan halitosis.

Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Berikut ini adalah cara-cara mencegah bau mulut saat puasa:

  • Pada saat berbuka dan sahur, hindari makanan yang yang beraroma menyengat.
  • Terutama pada saat sahur, hindari juga makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi. Sisa-sisa gula di dalam mulut menyebabkan bakteri penyebab bau mulut berkembang pesat.
  • Untuk mencegah mulut kering, sangat dianjurkan banyak minum air putih, terutama pada saat sahur. Semakin kering kondisi mulut semakin tinggi kemungkinan munculnya halitosis.
  • Sangat disarankan berkumur dengan air garam sebelum tidur. Caranya, larutkan 1 sdt garam ke dalam 1 gelas air hangat.
  • Disarankan juga mengisap dan mengunyah lemon atau jeruk pada saat sahur. Buah lemon dan jeruk mampu meningkatkan produksi air liur supaya mulut tidak kering.
  • Setelah selesai berbuka dan makan sahur, gosok gigi dan berkumurlah dengan mouthwash untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut dan sela-sela gigi. Jika diperlukan, gosok gigi bisa juga dilakukan pada saat siang hari.
  • Di samping gosok gigi dan berkumur dengan mouthwash, rutin membersihkan lidah juga efektif untuk menghilangkan bau mulut. Lidah sering juga menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Membersihkan lidah bisa dengan menggunakan alat khusus yang banyak dijual di apotik.
  • Menggosok gigi dengan campuran baking soda + lemon akan membantu menetralkan pH mulut sehingga efektif mencegah bau mulut. Caranya: campurkan 1 sdt baking soda + 2 sdm air lemon + 2 sdt garam. gunakan untuk menggosok gigi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *