Cara Menaikkan Berat Badan Supaya Ideal

 

Banyak artikel membahas cara menurunkan berat badan. Perlu diketahui, masalah berat badan bukan hanya bagaimana cara menurunkan. Tetapi bagi yang terlalu kurus cara menaikkan berat badan juga penting untuk diketahui. Acuan utama tentang berat badan seseorang adalah brat badan ideal orang yang bersangkutan.

Berat badan ideal seseorang bisa dinlai dari penghitungan berat massa tubuh atau Body Mass Index (BMI). Cara menghitung BMI adalah dengan membandingkan berat badan dengan tinggi badan; dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Rumusnya adalah sebagai berikut:

rumus BMI

Kategori dari hasil perhitungan BMI tersebut adalah sebagai berikut:

  • < 18,5            = terlalu kurus
  • 18,5 – 22,9    = normal
  • 23 – 29,9       = terlalu gemuk
  • > 30               = obesitas

Hal-hal yang Memperngaruhi Upaya Menaikkan Berat  Badan

cara menaikkan berat badanCara menaikkan berat badan yang paling utama adalah faktor makanan. Jika Anda makan kurang dari kebutuhan kalori, maka tubuh akan menggunakan simpanan lemak untuk membentuk energi. Selain itu, masing-masing individu juga memiliki laju metabolisme yang berbeda, bentuk tubuh yang diwariskan, gaya dan pola nafsu makan, suasana perasaan, dan lain-lain.

Beberapa penyakit juga dapat mempengaruhi metabolisme makanan dalam tubuh dan dapat mengubah timbangan kita, misalnya gangguan  peningkatan fungsi hormon tiroid (hipertiroidisme), diabetes, gangguan pencernaan dalam tubuh, misalnya pada coeliac disease atau suatu penyakit autoimun pada usus halus yang menyebabkan diare dan gagal tumbuh; serta infeksi seperti pada tuberkolosis.

Aktivitas yang anda lakukan juga perlu diperhatikan. Beberapa aktivitas fisik yang banyak menggunakan tenaga tentu akan membuat tubuh kita bekerja lebih keras dalam membentuk energi. Hal ini akan membuat tubuh membakar lemak tubuh untuk membentuk energi.

Jika anak-anak mengalami berat badan kurang, perlu diperhatikan proses tumbuh kembangnya. Ada suatu keadaan yang disebut gagal tumbuh yang membuat pertumbuhannya tidak sesuai dengan usiannya.

Mengkonsumsi kalori melebihi kebutuhan agar kelebihan kalori dapat disimpan menjadi lemak tubuh. Namun tentunya, menaikkan berat badan tidak boleh sembarangan. Kita perlu memberi target ketika ingin menaikkan berat badan. Kenaikan berat badan yang baik adalah sekitar 1 kg per bulan. Untuk mencapai target ini, diperlukan tambahan sekitar 300 kalori per hari. Anda bisa melihat informasi kalori makanan dan nilai gizi pada kemasan makanan. Namun, bila anda kesulitan, sebaiknya konsultasikan juga ke dokter dan ahli gizi anda.

Apakah olahraga itu perlu?

Tentu saja anda perlu berolahraga, sekitar 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu. Anda cukup berolahraga yang memadai untuk mempertahankan kekuatan otot dan tulang. Anda harus memperhitungkan kalori yang keluar saat berolahraga. Ingat, untuk menaikkan berat badan, konsumsi makanan anda harus tetap di atas kalori yang dibakar agar berat badan dapat meningkat.

Usahakan untuk mencukupi makanan yang berkalori tinggi. Bila anda merasa cepat lapar, ambil buah-buahan. Bila anda merasa cepat kenyang, makan makanan berkalori tinggi, seperti yang mengandung kismis ketimbang gula, atau potongan mangga ketimbang keduanya. Perkaya kalori dengan mengkonsumsi jus buah.

Kebiasaan minum yang sehat adalah tidak minum terlalu banyak setengah jam sebelum dan sesudah makan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *