Cara Memilih Dokter Anak

 

Setiap orang tua, selalu menginginkan dokter terbaik untuk buah hatinya. Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan terkait dengan cara memilih dokter anak. Secara umum, harus diingat bahwa anak-anak memiliki kebutuhan perilaku dan kesehatan khusus.Hal ini harus dimengerti dengan baik oleh dokter anak.

Dokter anak sendiri adalah penyedia layanan medis yang secara khusus menangani bayi, balita dan anak-anak. Setiap dokter dilatih untuk memenuhi kebutuhan balita dan anak-anak terhadap kebutuhan nutrisi, perilaku, perkembangan dan pertumbuhan normal. Dokter anak juga dilatih untuk mengenali dan pada saat yang sama mengobati penyakit umum dan tidak biasa yang mungkin dialami anak-anak.

cara memilih dokter anakKapan harus memilih dokter anak? Kebanyakan orang tua tidak tahu kapan waktu yang tepat untukserta tidak tahu cara memilih dokter anak. Idealnya, orang tua harus dapat memilih dokter berbulan-bulan sebelum bayinya lahir. Ini membantu memastikan bahwa seseorang akan selalu tersedia untuk memeriksa kesehatan bayi segera setelah dia dilahirkan.

Bagaimana Cara Memilih Dokter Anak?

Banyak orangtua mengajukan pertanyaan cara memilih dokter anak yang baik. Sebelum menyelesaikan dengan satu, sangat penting bahwa kita bertemu dengan beberapa dokter anak sebelum akhirnya memilih satu.

Beri waktu yang cukup untuk memberikan penilaian terhadap dokter anak yang sudah kita temui tersebut. Pertama, susun daftar kandidat untuk dikunjungi. Ada banyak cara untuk mendapatkan nama mereka, misalnya melalui referensi dari orang-orang terpercaya, atau minta rujukan dokter kandungan pada saat masih mengandung.

Setelah membuat daftar, saatnya untuk mengatur wawancara. Kebanyakan dokter anak bersedia menawarkan wawancara gratis. Pastikan untuk menghubungi klinik terlebih dahulu sebelum berkunjung. Klinik anak yang tidak menawarkan wawancara pendahuluan harus dihilangkan dari pilihan Anda.

Proses penyaringan dimulai dengan panggilan telepon sederhana. Pertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Tentang  jam kantor. Apakah mereka buka pada hari libur, akhir pekan atau selama jam kerja? Ini penting terutama bagi orang tua yang bekerja.
  • Apakah dokter anak bekerja sama dengan asuransi yang diikuti? Jika tidak, berarti Anda harus bersedia mengeluarkan biaya tambahan.
  • Apakah mereka menawarkan fasilitas laboratorium di klinik mereka? Jika tidak, ke mana akan dirujuk untuk jenis layanan ini?

Dokter anak tidak hanya menjaga kesehatan anak kita. Lebih dari itu, mereka membuat kita – orang tua – tetap tenang sepanjang waktu. Pilih hanya dokter terbaik untuk anak Anda!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *