Bagaimana Mencegah Obesitas pada Anak

 

Mencegah obesitas pada anak adalah hal yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang tua. Karena masuknya teknologi untuk mengurangi kompleksitas kehidupan saat ini, timbulnya makanan cepat saji dan makanan siap saji di atas meja. Meskipun jenis makanan ini meminimalkan beban sebagian besar ibu yang didorong oleh karier; mereka juga merupakan kontributor utama obesitas. Selain itu, munculnya teknologi dan meluasnya penggunaan gadget dan game online juga memainkan peran besar dalam obesitas.

Cara Mencegah Obesitas pada Anak

mencegah obesitas pada anakBerikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah obesitas pada anak

Biasakan makan makanan sehat – bergizi seimbang. Makan makanan sehat berarti melayani anak-anak dengan sayuran organik hijau dan berdaun; termasuk buah-buahan dalam makanan mereka juga. Daripada memberi anak-anak dengan roti dan kue-kue, lebih baik untuk menyajikannya dengan buah-buahan sebagai makanan ringan mereka. Makanan yang kaya protein sangat penting seperti daging tanpa lemak, daging putih, dan kacang-kacangan. Melayani mereka dengan susu tanpa lemak atau rendah lemak juga penting untuk pembentukan gigi dan tulang mereka. Sebisa mungkin, biarkan anak-anak minum banyak air setiap hari untuk menghidrasi mereka serta membuang racun dari tubuh mereka.

Hindari junk food (“makanan sampah”). Makanan sampah adalah makanan dengan kandungan lemak yang sangat tinggi namun memiliki kadar nutrisi dan vitamin yg sangat sedikit.  Makanan sampah berbahaya bagi kesehatan anak; mengingat bahwa jenis makanan ini mengandung banyak pengawet dan natrium yang berkontribusi terhadap obesitas anak-anak. Tak perlu dikatakan, terlalu banyak konsumsi makanan ini tidak hanya akan membuat anak-anak menjadi gemuk, tetapi juga dapat membuat anak-anak sakit yang disebabkan oleh bahan pengawet tersebut.

Meningkatkan aktivitas fisik. Motivasi anak-anak untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Melibatkan anak-anak Anda di klub olahraga sangat penting agar mereka tetap bugar. Anak-anak yang terlibat dalam olahraga lebih sehat dan lebih bahagia. Mereka cenderung memiliki kecenderungan yang baik dalam hidup ketika mereka dewasa. Kehilangan berat badan adalah keuntungan lain dari melibatkan anak-anak dalam olahraga karena akan membantu mereka membakar kalori dengan cepat, mengembangkan tulang dan otot yang lebih kuat dan membangun harga diri mereka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *