Bagaimana Membuat Anak Aktif dan Sehat?

 

Kita semua mengerti bagaimana cara membuat dan menjaga tubuh kita tetap bugar dan sehat. Namun, tahukah kita bagaimana membuat anak aktif dan sehat? Apakah memberi mereka daging, ikan, sayuran hijau dan buah-buahan sehat cukup untuk membangun dan menjaga kesehatannya?

Jawabannya adalah Tidak. Kesehatan dan kebugaran sama pentingnya bagi anak-anak dan orang dewasa dan tidak boleh diabaikan. Adalah hal yang kurang tepat dengan hanya mempertimbangkan bahwa ‘mereka hanyalah anak-anak, mereka memiliki daya tahan dan kekebalan yang lebih kuat’.

Ini adalah kesalahpahaman; kesehatan anak harus ditangani dengan perawatan yang sama baiknya dengan perawatan orang dewasa. Dan dengan meluasnya penggunaan gadget yang membuat mobilitas remaja kita minimal, sekarang lebih penting daripada sebelumnya, untuk mempromosikan kegiatan fisik di dalamnya. Sebagai orang tua, kita harus tahu cara membuat anak aktif dan sehat.

Cara Membuat Anak Aktif dan Sehat

Berikut ini adalah beberapa cara supaya anak-anak aktif dan sehat:

1. Dorong untuk aktif berolahraga.

Ajak anak-anak keluar, menikmati udara segar dan perlakukan mereka. Ajak mereka bermain bola, lari-lari, atau olahraga apa pun yang disukai. Selain menghabiskan waktu berkualitas bersama, itu akan memberi Anda peluang besar untuk tetap sehat bersama. Menghirup udara segar diketahui dapat meredakan depresi, kecemasan, dan stres bagi Anda dan anak Anda. Dan olahraga juga merupakan cara yang bagus untuk melenturkan otot-otot itu dan membakar kalori ekstra.

2. Kembangkan hobi dan minat anak.

Anak-anak memiliki hobi dan minat yang berbeda. Kita harus bisa memotivasi berdasar hobi dan minat untuk kemudian menggabungkannya dengan kehidupan yang sehat. Biarkan imajinasi mereka mengalir, bersaing dalam berlari bersama atau bermain bersama. Berikan contoh tentang bagaimana menjalani kehidupan yang aktif.

Dengan mendorong minat mereka dan menunjukkan kepada mereka cara menggabungkannya dengan kehidupan yang sehat, anak-anak akan memiliki pola pikir yang luas dan lebih produktif dibandingkan dengan anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam bermain game dan gadget, atau hanya menonton televisi.

3. Ajak anak-anak berjalan bersama

Ajari anak-anak Anda untuk menghargai hal-hal sederhana dalam hidup: mengantar mereka ke sekolah atau melakukan jalan pagi bersama. Masukkan mereka dalam upaya kebugaran kecil yang Anda lakukan untuk kesehatan Anda sendiri dan ajarkan mereka manfaatnya.

Demikianlah, tentunya dapat dimengerti bahwa tidak selalu mudah untuk menyediakan waktu untuk anak-anak. Tetapi sedikit usaha yang dilakukan biasanya adalah yang paling membuat perbedaan. Membuat anak aktif dan sehat di hari ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka di masa depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *