Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Vitiligo?

 

Vitiligo adalah salah satu penyakit kulit yang memudarkan warna kulit. Kondisi tersebut terutama disebabkan karena de-pigmentasi epidermis yang dapat terjadi seluruh kulit di  bagian tubuh manapun. Bercak putih akan muncul secara acak pada kulit dan ukurannya bertambah besar seiring bertambahnya usia. Dalam kasus yang serius, rambut pun juga dapat mengalami  de-pigmentasi ketika fondasi rambut terserang.

Vitiligo terjadi pada 1 dari 100 orang di berbagai negara di seluruh dunia. Ini memengaruhi berbagai jenis kelamin dari segala usia dan semua ras, namun sangat terlihat pada individu dengan kulit lebih gelap.

Meskipun menjadi penyakit umum, penyebab sebenarnya belum diketahui dan belum ada yang bisa menemukan obat permanen untuk itu. Namun beberapa dokter atau ahli kulit mengatakan bahwa kondisi kulit ini sering dihubungkan dengan stres, masalah tiroid dan sistem kekebalan tubuh dan penyakit radang.

Sejumlah penelitian dan penelitian telah dilakukan selama bertahun-tahun dan beberapa kemajuan telah dicapai, misalnya, kemajuan strategi pengobatan untuk mengatasi gejalanya. Namun, fokus utama penatalaksanaan vitiligo adalah menangani gejala dan memberikan pertolongan emosional kepada penderita, tetapi tidak selamanya menyembuhkannya.

Perawatan Vitiligo

vitiligoLangkah perawatan vitiligo awal adalah mengenali gejalanya. Telah ditemukan dalam beberapa penyelidikan bahwa gejalanya harus dipenuhi dengan penatalaksanaan yang tepat dari kondisi kulit ini. Dalam perawatan ini, beberapa perubahan diet dan beberapa tindakan pencegahan harus diambil, untuk menjaga bercak putih tidak menyebar. Ketika telah terkendali, pigmentasi ulang kulit dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Ada beberapa pendekatan untuk pigmentasi ulang kulit yang terpengaruh. Jika seorang penderita ingin mendapatkan pigmen kulit kembali, sel-sel berwarna baru harus dikembangkan dari sel saat ini dan yang ada. Untuk mencapai hal ini, penderita perlu minum obat tertentu, cangkok kulit, perawatan kosmetik dan perawatan lainnya. Banyak wanita yang menderita masalah kulit ini sering merasa tidak nyaman untuk menunjukkan bagian pribadi mereka yang telah mengalami bercak putih.

Selain perawatan fisik, penderita vitiligo juga memerlukan perawatan emosional. Mengelola kondisi kulit ini bukanlah hal yang sederhana. Ini sangat tidak menyenangkan danmembuat penderitanya menjadi tidak percaya diri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *