Apa Saja Manfaat Ilmu kesehatan Masyarakat

 

ilmu kesehatan masyarakatIlmu kesehatan masyarakat mengajarkan orang tentang cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas kesehatannya. Ini  dapat melibatkan sekelompok orang, atau populasi pada suatu negara. Ilmu ini meliputi apa pun yang secara serius dapat mengancam kesehatan fisik, mental, atau spiritual dari banyak orang. Terutama karena interaksinya satu sama lain, dapat digolongkan sebagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat. Oleh karena itu maka ilmu ksehatan masyarakat merupakan alat yang diperlukan untuk membantu orang-orang terhadap penyebaran penyakit potensial.

Secara definitif, Ikatan Dokter Amerika, AMA, (1948) mendefinisikan ilmu kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat (https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_kesehatan_masyarakat).

5 Manfaat Ilmu kesehatan Masyarakat

Berikut ini adalah 5 manfaat dari ilmu kesehatan masyarakat:

  • Orang-orang dapat belajar bagaimana mencegah penyebaran penyakit menular melalui pelatihan dan metode yang diajarkan dalam pendidikan. Orang-orang dapat memiliki akses yang lebih baik ke informasi mengenai pencegahan penyakit secara umum. Termasuk di dalamnya pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana bertindak selama epidemi di daerah mereka. Penyakit tertentu memiliki metode pencegahan sendiri yang harus disadari oleh semua orang orang.
  • Lebih banyak orang dapat mengakses institusi medis swasta dan publik untuk mencegah penyakit atau kondisi medis, atau untuk merawat mereka dengan lebih baik. Tanpa pengetahuan tentang kesehatan yang memadai, kebanyakan orang merasa cukup sehat dan tidak merasa perlu melakukan pemeriksaan umum. Sebagian besar klinik medis menawarkan suntikan imunisasi atau vaksin selama musim flu, atau ketika wabah umum hepatitis terjadi. Ilmu kesehatan masyarakat memastikan bahwa lebih banyak orang tahu untuk pergi ke fasilitas ini dan memanfaatkan perawatan, sehingga mengurangi jumlah orang sakit.
  • Orang-orang dapat mengadopsi perilaku yang lebih sehat untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit di antara mereka sendiri. Menjaga kebersihan di sekitar rumah, memilih untuk mengurangi atau berhenti merokok sama sekali, atau berolahraga lebih banyak hanyalah beberapa dari banyak cara berbeda yang diajarkan dalam pendidikan kesehatan masyarakat untuk memerangi penyakit dan meningkatkan gaya hidup seseorang.
  • Orang menjadi lebih sadar akan informasi yang berkaitan dengan penyakit, daripada percaya hanya pada persepsi publik. Pendidikan kesehatan masyarakat tidak hanya membahas bagaimana mencegah penyakit, tetapi juga memberikan perincian tentang bagaimana suatu penyakit bekerja. Serta dapat juga membantah beberapa mitos dan kekeliruan di masyarakat.
  • Orang dapat membantu dan berkontribusi untuk pencegahan penyakit dengan mendukung atau menjadi sukarelawan di fasilitas perawatan kesehatan. Ilmu kesehatan masyarakat lebih dari sekadar menyebarkan informasi; itu juga memanggil orang untuk berpartisipasi aktif dalam membantu orang lain. Untuk dapat melindungi kesehatan seseorang, juga perlu untuk melindungi kesehatan orang lain di sekitar Anda. Hal ini akan membantu menumbuhkan komunitas yang lebih erat dan rasa kesetiakawanan yang lebih baik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *