Akupresur untuk Meringankan Sakit Asam Urat

 

Olahraga memang sangat baik untuk mencegah penyakit asam urat. Namun berolahraga bukan teknik pengobatan untuk meredakan sakit karena asam urat. Untuk meringankan sakit karena asam urat perlu dipikirkan teknik pengobatan yang efektif. Salah satu pengobatan alternatif yang disarankan adalah dengan akupresur untuk meringankan sakit asam urat.

akupresur untuk meringankan sakit asam uratAkupresur merupakan salah satu tehnik pengobatan alternatif yang berasal dari Tiongkok. Prinsip mendasar akrupesur mirip dengan akupunktur, yaitu kepercayaannya bahwa tubuh memiliki sekitar 2000 titik yang terhubung ke seluruh tubuh melalui 20 meridian yang berbeda. Qi, atau biasa dieja sebagai chi; adalah energi kehidupan mengalir ke seluruh meridian antara permukaan tubuh dan organ-organ internalnya. Qi secara unik memengaruhi semua titik pemicu yang mengalir melalui keseimbangan bagi pikiran dan tubuh.

Ketika tubuh menderita cedera atau sakit, qi menjadi tidak seimbang. Dengan akupresur pada titik-titik tertentu dari tubuh yang terkait dengan daerah yang terkena, titik-titik ini dapat digunakan untuk mengarahkan sistem saraf untuk melepaskan ketegangan otot. Dapat juga meningkatkan aliran darah ke bagian yang cidera atau sakit.

Manfaat Akupresur untuk Meringankan Sakit Asam Urat

Untuk meringankan sakit karena gout atau asam urat, akupresur terbukti memberi dampak positif. Hal ini dibuktikan oleh banyak penderita asam urat, dengan teknik akrupresur yang tepat bisa meredakan radang sendi karena asam urat.

Di samping itu, manfaat lain dari akupresur adalah sbegai berikut:

  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Mengurangi ketegangan otot.
  • Meredakan stres
  • Memungkinkan tubuh lebih rileks dan santai.

Cara Melakukan Akupresur

Akupresur dilakukan dengan menerapkan tekanan yang lembut namun kuat ke titik tertentu dengan jari, ibu jari atau buku jari selama 15 – 30 detik. Anda akan tahu kapan titik pemicu telah ditemukan karena Anda akan merasakan sentakan tajam, segera diikuti oleh sensasi kesemutan atau mati rasa. Sensitivitas ini normal, dan biasanya berkurang seiring waktu. Ketika tekanan dilepaskan, seringkali ada penghilang rasa sakit segera.

Tidak semua titik dapat membantu meredakan rasa sakit dan tidak nyaman. Setiap penyakit memiliki titik pemicu spesifiknya sendiri yang perlu ditargetkan berdasarkan penyakit dan area tubuh di mana seseorang mengalami gejala.Untuk meringankan sakit karena serangan gout, titik akupresur yang perlu ditangani adalah sebagai berikut:

  • Punggung bawah dekat tulang belakang.
  • Tepat di tengah-tengah pantat.
  • Bagian belakang pinggul.
  • Belakang lutut.
  • Di tengah-tengah betis.

Namun demikian tidak semua titik pemicu tersebut perlu ditangani. Semuanya tergantung pada kondisi sakit asam urat yang diderita pasien. Yang harus diingat terkat teknik akupresur untuk meringankan sakit asam urat adalah harus dilakukan dengan tepat melalui diagnosa terapis yang berpengalaman.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *