Tips Menyusun Diet dan Syarat Dasar Diet Sehat

Bagi penderita penyakit organ hati, dibutuhkan konsumsi obat serta menaati program diet sehat yang disarankan oleh dokter yang menangani anda. Jenis diet ada bermacam – macam yang disesuaikan dengan tujuan dan tingkat keparahan penyakit yang diderita. Hal tersebutlah  yang menyebabkan cara diet masing – masing orang yang tidak sama satu sama lainnya.

Diet Sehat - Tips Menyusun Diet dan Syarat Dasar Diet Sehat

Pada artikel kali ini akan membahas beberapa jenis diet sehat, antara lain: diet sehat 1200, 1500, 1700, serta 1900 kalori berikut dengan kadar protein yang pas. Panduan dalam artikel ini dapat dijadikan acuan untuk menyusun menu diet yang sehat.

Tips Menyusun Diet Yang Benar

Organ hati merupakan bagian vital dari tubuh manusia yang berperan dalam menjalankan proses pembentukan kembali sel – sel dalam tubuh manusia sehingga protein sangat dibutuhkan untuk menjaga agar fungsi hati dapat berjalan normal dan semestinya. Tentu saja tingkat kadar protein yang dibutuhkan tidak sama satu sama lainnya, karena harus disesuaikan dengan kondisi si penderita itu sendiri yang dipertimbangkan dari kadar asam amino, kondisi neuropsikis, maupun jumlah volume amonia darah.

Jika semuanya dalam keadaan yang tidak seimbang satu sama lainnya, maka kebutuhan akan protein perlu dikurangi sekitar tiga puluh hingga lima puluh persen dari asupan protein. Adapun program dan disiplin yang harus dijalankan harus dirundingkan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat rekomendasi yang tepat.

Dengan membatasi kebutuhan akan protein dapat menyebabkan menurunnya volume kalori serta protein yang dapat mengharuskan kita untuk mencari kebutuhan akan kalori dan protein melalui bahan makanan subtitusi lainnya. Adapun salah satu produk yang memenuhi hal tersebut misalnya aminoleban oral yang terdapat banyak nutrisi penting dan diperlukan oleh tubuh. Asupan dari aminoleban oral dianjurkan agar dikonsumsi bersamaan dengan nutrisi lainnya yang dapat diperoleh melalui makanan.

Panduan Dalam Menyusun Menu Diet Sehat

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyusun menu diet sehat, yaitu dengan memperhatikan asupan makanan disesuaikan dengan keperluan protein serta kalori. Selain itu juga harus mengandung semua unsur nutrisi yang diperlukan seperti karbohidrat, protein, lemak serta mineral. Tidak cukup dengan hanya memperhatikan asupan makanan saja, orang yang menjalankan diet sehat disarankan agar menghindari alkohol / bir  atau membatasinya sebisa mungkin. Adapun asupan garam dalam makanan perlu dibatasi atau tidak melebihi 7 gram (satu setengah sendok teh).

Panduan Diet 1200, 1500, 1700 dan 1900 Kalori

Untuk panduan diet 1200 & 1500 kalori disarankan pada penderita yang memiliki massa tubuh kurang dari lima puluh kilogram. Sedangkan diet 1700 kalori ditujukan untuk penderita yang memiliki massa tubuh lebih dari lima puluh satu hingga enam puluh kilogram. Lalu bagaimana dengan diet 1700 kalori? Untuk kategori yang satu ini disarankan bagi mereka yang memiliki massa tubuh diatas enam puluh lima kilogram.

Selain membatasi asupan garam yang terlalu banyak, pemakaian kecap juga perlu dibatasi. Sedangkan untuk makanan – makanan seperti abon, ikan asin, dendeng, daging kornet, mutlak perlu dikurangi atau bahkan dihindari. Untuk mencukupi asupan protein dan karbohidrat, dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan daging non-lemak seperti ikan, daging ayam (yang telah dikupas kulitnya), putih telur, udang. Sedangkan untuk asupan protein nabati dapat diperoleh melalui tahu, tempe dan jenis kacang-kacangan.

Demikianlah informasi mengenai Tips Menyusun Diet dan Syarat Dasar Diet Sehat. Semoga bermanfaat.

Tips Menyusun Diet dan Syarat Dasar Diet Sehat | Admin | 4.5