Tips Memelihara Kuku Agar Tidak Rapuh

Pengetahuan mengenai tips memelihara kuku memang diperlukan. Tidak bisa dipungkiri, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang mewakilkan kecantikan jari-jemari tangan. Tangan yang indah, dan jari jemari yang lentik tak akan lengkap jika kondisi kuku kusam atau bahkan pecah-pecah.

Tips Memelihara Kuku - Tips Memelihara Kuku Agar Tidak Rapuh

Tips memelihara kuku memang terdiri dari banyak faktor, mulai dari kebiasaan membersihkan kotoran, hingga perawatan lainnya. Kuku yang sehat tentunya akan nampak mengkilap dan tidak mudah patah. Terlebih lagi, kuku yang mudah patah tentunya dapat menyebabkan iritasi / berdarah, terlebih posisi patahan kuku berada di sisi kuku.

Tips Memelihara Kuku dan Mencegah Kerapuhan Kuku

Untuk memelihara kuku, harus memperhatikan bagaimana kualitas cat kuku, asupan nutrisi serta cara pemotongan kuku. Berikut adalah beberapa tips memelihara kuku agar tidak rapuh / mudah patah, antara lain:

  • Kebiasaan memelihara kuku dapat dimulai dengan menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Hal tersebut dapat merusak kuku juga menyebabkan infeksi.
  • Hentikan kebiasaan mencongkel kuku, menggosok kuku, atau menggerus ujung kuku. Semua hal tersebut justru akan membuat ketebalan kuku menipis sehingga menjadi rapuh.
  • Menghindarkan bahan-bahan kimia dengan kuku juga termasuk salah satu tips memelihara kuku. Beberapa bahan kimia, seperti: deterjen, pemutih, cat, dan zat kimia lainnya dapat merusak kuku bila sering berkontak langsung dengannya.
  • Usahakan agar selalu memilih cat pewarna kuku (kutek) yang memiliki reputasi yang baik. Kualitas kutek yang buruk umumnya menggunakan bahan-bahan yang kurang baik juga, selain membuat warna alami kuku berubah, juga membuat kualitas kuku menjadi rapuh.
  • Tips memelihara kuku juga perlu memperhatikan pembersih kutek, terutama pembersih yang tidak mengandung acetone karena dapat menghilangkan kelembaban kuku sehingga volume kuku menjadi rapuh.
  • Penuhi nutrisi yang dapat memicu kuku agar tumbuh sehat, seperti ikan, yogurt, kacang-kacangan, serta kalsium yang baik untuk tulang dan kuku.
  • Tips memelihara kuku yang sederhana juga dapat dilakukan dengan merendam kuku dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal dapat ditambahkan dengan air jeruk lemon dan minyak zaitun.
  • Jika bagian kuku pecah atau rusak, jangan dikupas dengan cara menggigit karena dapat merusak kuku. Potonglah dengan pemotong kuku atau gunting kecil. Terlebih jika posisi retakan kuku berada di sebelah samping, perlu ekstra hati-hati agar pecahan kuku tidak merobek kulit kuku bagian dalam yang dapat menyebabkan berdarah.
  • Tips memelihara kuku yang kering juga dapat menggunakan krim pelembab khusus kuku, atau boleh juga lip balm.

Demikianlah informasi mengenai Tips Memelihara Kuku agar tidak rapuh. Semoga bermanfaat.

Tips Memelihara Kuku Agar Tidak Rapuh | Admin | 4.5