Pola Asuh Yang Baik Untuk Menerapkan Hidup Sehat Pada Anak

Hidup bahagia adalah impian semua orang. Salah satu cara mencapainya adalah dengan memiliki tubuh yang sehat. Tentunya mulai dari lahir sampai dengan kembali pada Pencipta. Ketika seseorang telah memasuki masa dewasa, mereka memiliki cara untuk menjaga kesehatannya. Namun harus diingat bahwa cara atau pola yang mereka terapkan ini adalah hasil kebiasaan yang mereka lakukan sejak kecil. Maka orangtualah yang memiliki peran disini.

Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Anak - Pola Asuh Yang Baik Untuk Menerapkan Hidup Sehat Pada Anak

Bagaimana menjalankan pola asuh yang baik dalam rangka menerapkan hidup sehat pada anak. Tentunya waktu yang dibutuhkan tidaklah sedikit, maka dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Artikel Kesehatan ini menjelaskan tentang Pola asuh yang diterapkan pada seorang anak ini tentunya dimulai dari fase awal, yaitu sejak masa kehamilan. Dengan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan. Setelah itu, pada fase-fase awal kehidupannya sampai usia pra sekolah (0 – 2 tahun), ini yang dapat dilakukan oleh orangtua khususnya ibu untuk menerapkan hidup sehat pada anak:

  • Memberikan ASI ekslusif pada bayi sampai dengan usia minimal 6 bulan tanpa ada tambahan lainnya,
  • Memberikan makanan pendamping ASI yang sesuai dengan usianya (tidak merusak pencernaan) dan sedapat mungkin menghindari memberikan susu formula sebelum anak berusia 1 tahun,
  • Berusaha menggunakan gelas atau sendok untuk memberikan ASI (jika menerapkan ASIP), begitu juga ketika si anak sudah mulai dapat minum air putih,
  • Memberikan pijatan lembut pada bayi anda untuk merangsang saraf sensorik dan motoriknya.

Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Beberapa cara diatas, salah satunya berguna untuk membantu pertumbuhan gigi anak dengan bagus. Karena susu formula memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga membuat gigi anak mudah berlubang. Selain itu kandungan gula juga dapat membuat anak mengalami obesitas atau kegemukan. Maka memberikan ASI adalah salah satu cara menerapkan hidup sehat pada anak. Dengan ASI, daya tahan tubuh anak akan terbentuk dengan lebih baik. Karena seperti yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI, tidak ada makanan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Adapun pijatan salah satunya juga diyakini dapat mengaktifkan kelenjar thymus anak yang berada di dada atas dan dibawah tenggorokan. Kelenjar ini disebut juga dengan kelenjar antibody dan berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Praktek diatas tidak berhenti sampai disini, memasuki usia sekolah orangtua juga harus lebih kreatif lagi menerapkan pola asuh untuk membiasakan anak hidup sehat, antara lain:

  • Membiasakan anak untuk sarapan pagi, dan sedapat mungkin membawa bekal dari rumah, agar tidak terbiasa jajan di luar,
  • Mengajarkan mandi dan gosok gigi sehari 2 kali,
  • Selalu mencuci tangan setelah bermain.

Dengan menerapkan hidup sehat pada anak melalui pola asuh yang tepat, maka orangtua layaknya berinvestasi untuk masa depan anak. Dimana di masa yang akan datang, mereka dapat menggapai cita-cita yang mereka inginkan, sehingga bahagia pun diraih oleh anak dan orangtua.

Pola Asuh Yang Baik Untuk Menerapkan Hidup Sehat Pada Anak | Admin | 4.5