Penyebab Penuaan Dini dan Mencegah Penuaan Dini

Penyebab Penuaan Dini dan Mencegah Penuaan Dini – Usia bertambah, kulit mengalami perubahan. Ada beberapa faktor yang dapat mempercepat penuaan, antara lain stres dan paparan sinar matahari. Seperti halnya organ tubuh yang lain, dengan bertambahnya usia, kulit mengalami perubahan seperti keriput, kering, sampai bercak-bercak berwarna gelap. Pada perempuan, tanda-tanda penuaan pada kulit akan mengurangi nilai keindahan.

Mencegah Penuaan Dini - Penyebab Penuaan Dini dan Mencegah Penuaan Dini

Memang menjadi tua adalah suatu proses alami. Bukan berarti proses mencegah penuaan dini sudah tidak bisa diperlambat. Di usia yang masih 38 tahun sekalipun, tanda-tanda penuaan seharusnya tidak terlalu ketara. Penuaan dini yang dialami ketika terdapat perubahan seperti kemunculan kerutan, bercak noda gelap, dan tanda penuaan dini lainnya sebenarnya dapat dihindari.

Banyak bukti yang menyatakan bahwa usia kronologis, tidak berhubungan pararel dengan penuaan biologis. Banyak wanita berusia tua yang wajah dan penampilannya nampak lebih muda dari usianya. Tentu saja hal tersebut bisa dicapai jika kita mengetahui Cara Menghindari dan Mencegah Penuaan Dini.

Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegah Penuaan Dini

Banyak contoh, di mana tampilan usia terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Ini yang disebut penuaan dini. Penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah, pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan beberapa faktor internal dan eksternal.

Penyebab Penuaan dini secara intrinsik dipengaruhi oleh faktor internal seseorang, seperti faktor genetika. Faktor genetik dapat mempengaruhi jam biologis seseorang, sehingga sewaktu-waktu sel kulit dapat berhenti membelah dan mengalami apoptosis atau kematian sel secara alami. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor yang berasal dari luar tubuh.

Yang paling penting adalah dalam memengaruhi dan mencegah penuaan dini adalah faktor lingkungan, seperti polusi dan paparan sinar matahari. Perempuan yang aktivitas sehari-harinya sering berada di luar ruangan, dan sering terpapar sinar matahari langsung, proses penuaan kulit atau photoaging dapat berlangsung lebih cepat.

Karena kita berada di daerah tropis, besar kemungkinan akan mengalami penuaan dini pula. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Lili Legiawati, ahli kulit dari RS Cipto.

Paparan faktor ekstrinsik berpengaruh sangat besar. Misalnya, terpapar sinar matahari tanpa menggunakan pelindung, baik pelindung kimiawi atau fisik. Pelindung fisik untuk mencegah penuaan dini yang dimaksud misalnya payung atau jaket lengan panjang. Perlindungan kimiawi misalnya dengan penggunaan krim tabir surya.

Selain itu, upaya mencegah penuaan dini juga harus diupayakan secara psikologis atau mental. Tingkat stress yang tinggi dan berkepanjangan dapat memicu penuaan dini secara cepat.

Demikianlah informasi mengenai Penyebab Penuaan Dini dan Mencegah Penuaan Dini. Semoga bermanfaat.

Penyebab Penuaan Dini dan Mencegah Penuaan Dini | Admin | 4.5