Penyakit Jantung: Penyebab, Gejala & Pertolongan

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu. Umumnya, detak jantung normal berada pada kisaran 60 hingga 100 detak / menit. Indikasi detak jantung dibawah atau diatas itu bisa dikatakan kondisi jantung berada dalam keadaan yang tidak sehat. Penyakit jantung dapat membunuh orang sehat sekalipun dalam sekejap, meskipun orang tersebut nampak segar dan sehat, tanpa pandang usia.

Menurut jurnal Hart & Miller, penderita penyakit jantung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penderita bukan saja terjadi pada usia tua, tetapi juga mulai terjadi pada usia muda sekalipun. Serangan penyakit jantung dapat terjadi ketika asupan darah yang melalui jantung berhenti secara mendadak yang diakibatkan oleh berbagai sebab, seperti pembuluh darah koroner, disfungsi otot yang mensuplai darah ke jantung, penyumbatan aliran darah selama beberapa saat, dsb.

Penyakit Jantung - Penyakit Jantung: Penyebab, Gejala & Pertolongan

Hal kedua yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung disebabkan oleh penyempitan, penumpukan lemak kolesterol yang berkumpul pada lapisan nadi sehingga menghambat pasokan darah ke jantung dan seluruh tubuh. Fungsi darah sendiri sangat vital karena berfungsi mengirimkan pasokan oksigen, nutrisi, kalsium, hormon, serta elektrolit lainnya ke seluruh tubuh agar dapat bekerja.

Ketika sel-sel jantung mengalami gangguan, organ vital ini akan rusak secara perlahan sehingga menyebabkan penyakit jantung yang beresiko membawa kematian bagi penderitanya.

Penyebab Penyakit Jantung

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu penyakit jantung, antara lain:

  • Penyakit jantung akibat bawaan lahir.
  • Akibat riwayat penyakit lainnya, seperti: sindrom agina atau vaskuler, kelebihan berat badan, hipertensi, diabetes, kadar kolesterol tinggi.
  • Akibat pola hidup dan kebiasaan buruk, seperti: merokok, minuman keras, depresi, pecandu narkoba, terlalu banyak tidur, jarang berolahraga, bekerja terlalu lama dengan sedikit bergerak.
  • Faktor keturunan atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung.

Dewasa ini, penyakit jantung memang mulai banyak menyerang orang yang masih berusia muda. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi, menyebabkan banyak orang cenderung ‘rela’ atau ‘harus’ berlama-lama di depan komputer, bahkan mereka cenderung untuk malas bergerak, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan otot-otot tubuh menjadi kurang gerak, asupan lemak menumpuk, sehingga resiko penyakit jantung semakin besar.

Penyakit Jantung & Gejala Yang Perlu Diketahui

Pentingnya mengenali gejala penyakit jantung sangatlah penting agar dapat segera mengambil langkah yang tepat untuk menanganinya sedini mungkin. Beberapa gejala penyakit jantung antara lain:

  • Mudah merasa capek ketika beraktivitas
  • Pernah atau sering merasa nyeri pada bagian punggung atau sebelah kiri dada.
  • Sesak nafas disertai nyeri serta merasa seperti tercekik.
  • Denyut nadi dan jantung tidak normal (terlalu cepat atau lambat).
  • Keluar keringat dingin, baik pada tubuh maupun telapak tangan.
  • Kepala terasa pusing, bahkan hilang kesadaran
  • Mengeluarkan keringat pada malam hari.
  • Sulit bernafas pada malam hari.
  • Sering merasa kram pada tangan, bahu, dan jari-jari.

Apabila anda sering mengalami beberapa atau semua tanda-tanda penyakit jantung diatas, disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pertolongan sedini mungkin.

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung termasuk penyakit serius yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan pertolongan pertama pada penyakit jantung pun tergolong pertolongan darurat yang harus dilakukan secepatnya. Pertolongan pertama pada penyakit jantung harus dilakukan pada 2 jam pertama setelah serangan jantung datang, atau berupa nyeri pada bagian kiri dada. Bila serangan tidak segera diatasi, maka komplikasi tersebut dapat berujung pada maut dalam waktu 2 jam berikutnya.

Untuk memberi pertolongan pertama pada penyakit jantung, kuncinya adalah memberi asupan oksigen sebanyak-banyaknya dengan tujuan untuk melancarkan kembali sirkulasi darah dan oksigen agar melalui jantung sekaligus menormalkan denyutan jantung.

Selain itu, pertolongan pertama pada penyakit jantung yang dapat diupayakan oleh orang yang kebetulan ada di berada di dekat anda adalah:

  • Buat tubuh si penderita dalam keadaan telentang dan bebas.
  • Jauhi kericuhan atau gangguan di sekitar penderita.
  • Bertanyalah pada penderita dengan disertai tepukan pada bagian bahu.
  • Jika penderita tidak merespon atau tidak sadarkan diri, periksalah detak pada urat nadi selama beberapa detik.
  • Jika penderita masih bernafas, segera lakukan resusitasi jantung-paru (cardio pulmonary resuscitation / CPR), yaitu teknik menekan dada disertai nafas buatan. Teknik ini bertujuan untuk memberi kejut pada pacu jantung. Untuk langkah-langkah lebih lengkap, bacalah bagian akhir dari artikel ini.
  • Setelah itu, segeralah membawa korban ke dokter. Jika ada obat-obatan rutin yang dibawa, dapat memberikan obat aspirin untuk diteguk.

Pertolongan Penderita Penyakit Jantung Untuk Menyelamatkan Diri Sendiri

Penyakit jantung memang menyerang secara mendadak. Tentu saja, yang dapat mengetahui serangan gejala adalah penderita itu sendiri. Dan, penderita penyakit jantung hanya memiliki waktu 10 detik saja sebelum kesadarannya berangsur hilang.

Jika serangan penyakit jantung datang tiba-tiba, jangan sibukkan diri untuk memberi tahu orang lain dengan menelpon, panik atau berteriak. Lakukanlah penyelamatan diri darurat. Caranya adalah: segeralah tarik nafas dalam-dalam lalu berbatuk-batuk sekuat mungkin. Ulangi lagi langkah tersebut setiap 2-3 detik. Tarik nafas dalam-dalam, lalu berbatuk sekuat mungkin.

Lakukan ini secara berkesinambungan hingga serangan jantung menghilang. Tujuannya adalah untuk memberikan asupan oksigen ke paru-paru dan menormalkan aliran darah yang terhambat ke jantung melalui batukan keras. Kedua hal tersebut merupakan pertolongan pertama penyakit jantung yang sangat efektif. Setelah itu, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Nafas Buatan Untuk Pertolongan Penderita Penyakit Jantung

Berikut adalah cara melakukan nafas buatan untuk pertolongan penderita penyakit jantung. Segeralah lakukan cara ini bila kebetulan ada kerabat atau orang berada di dekat anda terkena serangan jantung mendadak.

  • Baringkan tubuh korban lalu miringkan kepala korban sedikit ke belakang.
  • Jika penderita masih bernafas, segera tutup lubang hidug dan tiupkan nafas 2x melalui mulut korban.
  • Tiupkan nafas setiap 2 detik sekali.
  • Kombinasikan dengan menekan dada sedalam 3-5 cm sebanyak 15 kali pompa.
  • Kecepatan pompa atau tekanan dada adalah 2x/detik, berikutnya kembali berikan nafas buatan, dan demikian seterusnya hingga pertolongan medis tiba.

Demikianlah informasi mengenai Penyakit Jantung: Penyebab, Gejala & Pertolongan. Semoga bermanfaat.

Penyakit Jantung: Penyebab, Gejala & Pertolongan | Admin | 4.5