Pengertian Sehat & 4 Kategori Sehat

Apa yang dimaksud dengan sehat? Banyak orang berpendapat bahwa sehat adalah tidak sakit. Apabila tidak ada gejala penyakit yang dirasakan, berarti tubuh kita sehat. Sesungguhnya, pendapat ini kurang tepat. Ada kalanya penyakit baru terasa setelah cukup parah, misalnya kanker yang baru diketahui setelah stadium 4. Apakah berarti sebelumnya penyakit kanker itu tidak ada? Tentu saja ada, tetapi tidak terasa. Oleh karena itu, tidak adanya gejala penyakit bukan berarti sehat.

Pola Hidup Sehat - Pengertian Sehat & 4 Kategori Sehat

Pengertian Sehat

Pengertian Sehat adalah suatu kondisi ketika seluruh sistem organ di tubuh kita bekerja dengan selaras. Faktor – faktor yang mempengaruhi keselarasan sistem organ tubuh adalah nutrisi lengkap dan seimbang, istirahat cukup, olahraga teratur, kondisi mental, sosial dan rohani yang seimbang, serta, lingkungan yang bersih. Apabila salah satu dari kelima faktor ini tidak mencukupi, maka keseimbangan kinerja organ tubuh terganggu.

Tubuh manusia, andai sakit, dapat memulihkan dirinya sendiri. Untuk itu, tubuh memerlukan bantuan berupa nutrisi dalam jumlah yang memadai secara lengkap ditambah dengan istirahat yang cukup. Dalam keadaan ini, obat bukanlah faktor utama pemulihan, karena ada sebagian penyakit yang dapat dipulihkan tanpa bantuan obat, seperti misalnya flu dan pilek. Obat dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala, tetapi penggunaannya tidak boleh berlebih dan harus sesuai dengan petunjuk dokter.

4 Kategori Sehat

Istilah kebugaran total atau total fitness kini mulai dikembangkan. Jika dulu WHO mendefinisikan pengertian sehat sebagai keadaan bebas dari kelemahan dan penyakit saja, maka kini istilah sehat selalu dilekatkan kepada 4 faktor yang tercakup dalam total fitness. Bila salah satu dari keempat faktor ini tidak terpenuhi, belum bisa dikatakan sehat. Berikut ini keempat faktor yang disebut:

Sehat Fisik

Tubuh yang sehat dan kuat dimulai dari kebersihan diri. Pengertian sehat selalu berawal dari kebersihan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.Kebiasaan mencuci tangan dengan benar, misalnya, dapat menghindarkan diri dari penyakit seperti diare, tipes, hepatitis, dan lain sebagainya.

Sehat fisik juga berarti mampu menjaga badan dengan benar, artinya tahu bagaimana cara menjaga seluruh anggota tubuh kita agar tetap sehat. Misalnya dengan cara membaca yang benar sehingga mata tetap sehat, menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, mengusahakan menu seimbang dalam makanan, dan lain sebagainya.

Sehat Jiwa

Ini penting, karena pada masa seperti ini, stres seringkali mendominasi kehidupan. Sikap tangguh dan tahan banting akan sangat membantu dalam menghadapi berbagai tekanan hidup. Pengetahuan mengenai cara untuk menyehatkan jiwa harus dimiliki oleh setiap orang. Kebiasaan untuk konsisten terhadap peraturan, membuat prioritas dalam hidup, dan memahami bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus menunggu dan berjuang dapat membantu menumbuhkan mental yang kuat. Belajarlah untuk menghayati berbagai emosi seperti sedih, marah, dan kecewa. Semakin kukuh mental Anda, semakin sehat pula jiwa anda.

Sehat Secara Spiritual

Spiritual perlu dipelajari untuk mencakup keseimbangan hidup. Aspek ini mencakup pula nilai-nilai kehidupan seperti kebaikan, kejujuran, kesantunan, kerendahanhati, kelembutan, kesetiaan, rasa syukur, serta penghargaan terhadap orang lain dan alam beserta isinya.

Spiritualisasi menumbuhkan kesadaran akan adanya kekuatan di luar kekuatan manusia. Dalam kehidupan sehari – hari, upaya menanamkan nilai – nilai kebaikan akan menjadikan diri Anda sehat secara spiritual. Kaya secara spiritual termasuk ke salah satu pengertian sehat yang dimaksud.

Sehat Sosial

Lingkungan sosial atau pergaulan yang sehat begitu besar perannya dalam mengembangkan kepribadi. Seseorang memperoleh kepercayaan diri, mengembangkan empati, merasa dihargai, diterima dalam kelompok, dan menghargai perbedaan melalui proses sosialisasi. Pengalaman – pengalaman ini sangat diperlukan untuk membuat seseorang sehat secara sosial.

Penelitian membuktikan bahwa manusia normal tak dapat dilepaskan dari lingkungan sosialnya. Kehidupan sosial yang sehat harus diterapkan pada lingkungan tempat tinggal, keluarga, dan komunitas.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sehat. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan lainnya mengenai:

Pengertian Sehat & 4 Kategori Sehat | Admin | 4.5