Pengaruh Depresi Terhadap Kesehatan Biologis

Depresi atau stress merupakan penyakit yang dipicu oleh faktor psikologis. Meskipun berhubungan dengan mental dan emosi, namun pengaruh depresi bukan saja buruk untuk fisik dan mental, namun juga terhadap penampilan atau kecantikan seseorang. Berdasarkan hasil riset menunjukkan bahwa orang yang sering merasa stress atau depresi dapat mempercepat proses penuaan pada sel. Hal ini menyebabkan pengaruh depresi membuat seseorang menjadi terlihat cepat tua dari semestinya.

Depresi - Pengaruh Depresi Terhadap Kesehatan Biologis

Dalam salah satu riset yang telah dilakukan di negeri Kincir Angin, Belanda, terhadap lebih dari dua ribu sampel orang – orang yang mengalami depresi / stress serta orang yang tidak mengalaminya, menunjukkan adanya penurunan DNA yang memendek pada sampel orang – orang yang kerap mengalami depresi.

Pada umumnya, DNA telomere setiap orang akan berkurang sekitar 10 hingga 20 pasang / tahun. Sedangkan pengaruh depresi dapat menyebabkan kehilangan DNA telomere membesar hingga 83 atau 84 telomere yang membuat seseorang akan nampak lebih cepat tua sekitar 4 hingga 6 tahun dari orang yang pikirannya normal atau bahagia. Dalam penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh depresi kronis memiliki DNA telomere yang lebih pendek.

Pengaruh Depresi Mempercepat Usia Tua

Bagi anda yang kerap hidup dalam tekanan dan depresi, sebenarnya masih ada yang bisa dilakukan untuk memperlambat kemunduran sel DNA anda, yaitu dengan cara berolahraga, seperti jogging, berjalan, atau aktivitas lainnya yang dapat memicu pergerakan seluruh tubuh anda. Hal tersebut juga diamini oleh kepala peneliti, Josine Verhoeven.

Menurutnya lebih lanjut, rajin berolahraga adalah cara yang tepat untuk mengimbangi pengaruh depresi serta dampak buruknya yang akan ditimbulkan terhadap tubuh dan jiwa. Selain itu, anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian anda terhadap segala rutinitas yang bikin stress.

Demikianlah artikel kesehatan mengenai Pengaruh Depresi Terhadap Kesehatan Biologis. Semoga bermanfaat.

Pengaruh Depresi Terhadap Kesehatan Biologis | Admin | 4.5