Minuman Soda dan Efeknya Bagi Kesehatan

Minuman soda adalah salah satu jenis minuman yang digemari oleh banyak orang. Namun tahukah anda, dibalik kesegaran yang terdapat dalam minuman soda, dapat memberi efek buruk bagi kesehatan, terutama pada organ ginjal.

Berdasarkan laporan yang dilansir oleh Brigham and Women’s Hospital, AS, konsumsi minuman soda yang terlalu banyak dapat memperbesar resiko terserang penyakit ginjal hingga 25%. Sebaliknya, berbagai macam minuman seperti teh, kopi, jus buah, dan air putih justru berfungsi sebaliknya dalam melindungi ginjal.

Minuman Soda - Minuman Soda dan Efeknya Bagi Kesehatan

Kesehatan ginjal memang sangat dipengaruhi oleh apa yang kita minum dan umumnya jenis minuman yang mengandung zat pemanis (terutama pemanis buatan) dapat memberikan efek yang merugikan bagi kesehatan ginjal. Menurut Dr Gary Curhan dalam Daily Mail menyebutkan selain air putih, minuman seperti teh, kopi dan jus buah yang dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit batu ginjal.

Minuman Soda Menyebabkan Diabetes

Selain ginjal, efek minuman soda juga dapat memicu penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa dengan konsumsi soda sebanyak 300 ml / hari dapat memperbesar resiko diabetes tipe-2 hingga 18%. Sedangkan resiko akan meningkat jika seseorang mengkonsumsi minuman soda 2x lipat atau 600 ml / hari. Selain memicu diabetes juga dapat memperbesar resiko terkena stroke hingga 18%.

Berdasarkan laporan yang dilansir oleh jurnal Diabetologia melalui 27.000 sampel dari berbagai negara di Eropa menyebukan sejumlah angka sampel yang menderita diabetes tipe-2 banyak diantaranya yang mengkonsumsi minuman soda secara berlebihan ditamban dengan dengan pola hidup, lingkungan, disiplin, dan diet yang mereka jalankan.

Dalam hasil penelitian juga menyebutkan, resiko diabetes dapat meningkat bagi orang yang menderita obesitas (kelebihan berat badan). Menurut berita yang dilansir oleh My Health News Daily menyebutkan, untuk meminimalisir resiko diabetes dapat mengkonsumsi banyak sayur – sayuran, buah – buahan, diet seimbang dan olahraga teratur.

Demikianlah informasi mengenai Minuman Soda dan Efeknya Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Minuman Soda dan Efeknya Bagi Kesehatan | Admin | 4.5