Mengenal Fungsi Kesehatan Gigi Pada Anak Balita Anda dan Bagaimana Merawatnya

Sudah menjadi pengetahuan bagi khalayak bahwa terdapat beberapa tahap atau fase perkembangan gigi pada seorang manusia. Dimulai dari gigi susu pada anak balita kemudian tumbuh menjadi gigi permanen. Namun pengetahuan mengenai perawatan dua jenis fase pertumbuhan gigi ini yang mungkin kurang dipahami banyak orang. Dimana merawat gigi susu sama pentingnya dengan gigi permanen. Karena salah satu fungsi kesehatan gigi pada anak balita adalah untuk membantu tumbuh kembangnya di kemudian hari. Namun karena banyak orang tua yang berpikir gigi susu ini akan tanggal dan tergantikan dengan gigi permanen, maka kesehatan gigi susu diabaikan.

Kesehatan Gigi Pada Anak Balita - Mengenal Fungsi Kesehatan Gigi Pada Anak Balita Anda dan Bagaimana Merawatnya

Sebelum membahas mengenai fungsi kesehatan gigi pada anak khususnya gigi susu, ada baiknya anda memahami proses pertumbuhan gigi dibawah ini:

  • Gigi akan mulai berproses untuk tumbuh sejak berada dalam kandungan. Yaitu sejak trimester pertama kehamilan dan umumnya ketika menginjak minggu ke-10. Maka asupan gizi ibu harus diperhatikan pada masa ini, salah satunya adalah asupan kalsium.
  • Pertumbuhan pertama gigi manusia ada pada semester pertama kehidupannya. Pada saat inilah perkembangan gigi susu dimulai sampai biasanya usia 3 tahunan. Pada periode inilah periode emas pertumbuhan gigi manusia.
  • Adapun pergantian dari fase kedua diatas adalah pada saat si anak berusia, yaitu dimulai dari usia 12 tahun dan seterusnya. Dimana pada sebelumnya gigi susu akan mulai tanggal dan digantikan dengan yang baru.

Setelah anda memahami kapan harus merawat gigi susu dengan baik berdasarkan masing-masing fase diatas, maka selanjutnya berikut ini adalah beberapa fungsi kesehatan gigi pada anak khususnya gigi susu:

  • Memberikan masa persiapan yang baik untuk tumbuhnya gigi permanen,
  • Membantu anak memiliki konsentrasi yang baik sehingga anak mudah menyerap pelajaran di sekolah ataupun ketika bersama keluarga,
  • Membantu dalam kehidupan sosialnya, dengan menumbuhkan kepercayaan diri.

Adapun proses yang membuat fungsi kesehatan gigi pada anak diatas didapatkan dari merawat kesehatan gigi susu pada balita adalah sebagai berikut:

  • Gigi susu adalah masa persiapan untuk tumbuhnya gigi permanen. Pada periode antara usia 3 sampai 12 tahun terdapat suatu masa yang dinamakan masa bergeligi bercampur yaitu saat usia 5 sampai 12 tahun. Pada masa ini gigi akan mulai tanggal satu persatu dan 6 bulan setelahnya akan tumbuh gigi permanen. Jika pada masa ini tidak dilakukan perawatan dengan baik maka sebelum waktunya, gigi dapat tanggal. Akhirnya rahang tidak dapat berkembang seperti seharusnya. Selain itu gusi tidak dapat memberikan tempat yang baik untuk tumbuhnya gigi permanen. Akhirnya gigi permanen tumbuh asal-asalan dan akhirnya tidak tertata dengan rapi.

Nah, sekarang anda mengerti bukan pentingnya fungsi kesehatan gigi pada anak balita? Salah satu yang dapat anda lakukan untuk merawatnya adalah dengan tidak banyak memberikan makanan atau minuman manis pada balita anda.

Mengenal Fungsi Kesehatan Gigi Pada Anak Balita Anda dan Bagaimana Merawatnya | Admin | 4.5