Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Bagi Kesehatan

Manfaat Tidur – Tidur merupakan kewajiban bagi semua orang serta merupakan salah satu kebutuhan vital dalam kehidupan manusia. Menurut hasil penelitian, manusia tidak akan mampu bertahan hidup dengan tanpa tidur sama sekali selama 7 – 10 hari berturut – turut. Bahkan terdapat salah satu korban di China belum lama ini yang diberitakan tewas akibat bermain video game selama 3 hari tanpa beristirahat sama sekali. Hal ini menunjukkan betapa vitalnya kebutuhan tidur bagi kehidupan manusia.

Manfaat Tidur - Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Bagi Kesehatan

Meskipun demikian, masih banyak sekali orang yang mengalami kendala tidur mereka. Tidak sedikit yang dari mereka harus mengkonsumsi obat tidur bahkan penenang agar dapat tidur nyenyak. Padahal untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, anda dapat mencoba cara yang lebih aman seperti minum susu sebelum tidur, merendam kaki dengan air hangat, dsb.

Berdasarkan berita yang dilansir oleh Real Age, olahraga selama 20 – 30 menit setiap hari juga dapat membantu anda agar bisa memperoleh kualitas tidur yang baik. Adapun waktu tidur yang disarankan adalah 6 hingga 8 jam sehari. Sedangkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang sehat adalah ketika otak mengalami restorasi hingga 65% selama proses tidur berlangsung. Dengan kualitas dan waktu tidur yang cukup akan membuat seseorang menjadi lebih bertenaga dan fokus, mudah mengingat dan mempercepat proses penyembuhan.

Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Bagi Kesehatan

Masa tidur minimal bagi orang yang menjalani aktivitas adalah 6 jam sehari, namun masa tidur yang dianjurkan oleh ahli kesehatan adalah 8 jam sehari. Berikut 5 manfaat tidur 8 jam sehari bagi kesehatan:

  • Kebutuhan tidur 8 jam di malam hari sudah cukup untuk menutupi kebutuhan tidur di siang hari yang tidak selalu dapat dipenuhi oleh karena adanya aktivitas harian.
  • Dengan kebutuhan tidur yang terpenuhi, wajah akan nampak segar dan bersemangat. Tidur yang cukup juga mempengaruhi penampilan dan kecantikan seseorang. Wajah yang nampak lesu dengan lingkar mata hitam akan mempengaruhi penampilan.
  • Dengan kebutuhan tidur yang terpenuhi akan mencegah tubuh memproduksi protein reaktif yang menyebabkan penuaan dini, gangguan jantung, gangguan kesehatan otak, tekanan darah serta kekebalan tubuh.
  • Membantu proses diet. Bagi yang menjalani diet disarankan agar memenuhi kebutuhan tidur yang cukup. Kekurangan tidur akan membuat tubuh menstimulasi nafsu makan sehingga anda akan merasa lapar kembali ketika tubuh dan pikiran dalam keadaan bekerja.
  • Tidur membantu proses regenerasi sel, otot, dan pemulihan penyakit.

Demikianlah 5 Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Bagi Kesehatan | Admin | 4.5