Manfaat Telur & Efek Negatif Telur Bagi Kesehatan

Telur adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain sebagai pelengkap makanan, lauk – pauk, telur juga tak jarang digunakan secara meluas untuk berbagai keperluan, seperti sebagai penambah tenaga / stamina, pembentuk otot, perawatan kecantikan, perawatan rambut, dll.

Manfaat Telur - Manfaat Telur & Efek Negatif Telur Bagi Kesehatan

Dalam satu butir telur mengandung enam gram protein yang bermanfaat dalam pertumbuhan otot dan stamina. Selain itu juga mengandung nutrisi untuk meminimalisir kemungkinan terkena katarak pada mata, degenerasi makula, menyehatkan kuku, kulit dan rambut. Sebutir telur juga mengandung vitamin D, asam amino esensial, lemak serta nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Efek Negatif Telur

Bila kita merujuk banyak sumber di internet maupun media cetak kita akan menemukan berbagai sisi positif dan manfaat telur bagi kesehatan. Pada artikel kali ini, artikel-kesehatan.com akan membahas sisi sebaliknya atau efek negatif telur ayam bagi kesehatan. Tentu saja, efek negatif ini hanya muncul ketika seseorang mengkonsumsi telur ayam terlalu banyak.

Menimbulkan Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang berkaitan dengan darah. Penyakit yang ditimbulkan dari kolesterol adalah jantung dan stroke. Penyakit kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh konsumsi daging, susu, lemak, telur serta makanan hewani lainnya. Telur selain mengandung protein, juga mengandung lemak yang dapat memicu kolesterol. Oleh karena itu dianjurkan agar tidak melebihi 4-5 butir telur dalam seminggu.

Dari penelitian yang dilakukan oleh NEL US Department di Amerika terhadap 16 sampel yang mengkonsumsi 6 butir telur dalam seminggu serta keterkaitannya dengan penyakit jantung, menunjukkan hasil yang berbeda – beda, semuanya tidak menimbulkan efek kolesterol yang berbahaya bagi jantung.

Sedangkan dalam studi lainnya justru ditemukan bahwa efek konsumsi telur yang berlebihan dapat memberi efek negatif, terutama pada penderita diabetes yang lebih lanjut memicu penyakit jantung. Pada penderita diabetes, bahkan dengan mengkonsumsi 2 butir telur saja sudah dapat memberi gangguan terhadap penyakitnya.

Lebih lanjut, bila seseorang memiliki riwayat penyakit jantung yang berasal dari keluarganya, maka potensi seseorang terserang penyakit jantung pun akan menjadi lebih besar. Oleh karena itu, bila anda termasuk seorang yang gemar mengkonsumsi telur dalam jumlah yang besar, ada baiknya agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terlebih jika anda memiliki riwayat diabetes.

Menimbulkan Jerawat

Protein merupakan zat esensial dan pembentuk bagi tubuh dan otot. Selain berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel, kelebihan akan asupan protein justru dapat menimbulkan masalah kulit berminyak yang akan memicu munculnya jerawat pada wajah. Sehingga timbulnya minyak yang berlebih pada wajah tersebut memerlukan perawatan tambahan lainnya untuk meminimalisir efek kelebihan protein tersebut.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Telur & Efek Negatif Telur Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Telur & Efek Negatif Telur Bagi Kesehatan | Admin | 4.5