Manfaat Stretching (Peregangan Otot) Dalam Perjalanan

Manfaat Stretching – Berpergian ke luar kota atau ke luar negeri memang menyenangkan. Namun, ‘monster’ DVT (deep vein thrombosis) diam-diam mengintai. DVT adalah penggumpalan darah yang terjadi di vena (pembuluh aliran darah di vena. Berakibat fatal bila bekuan darah terlepas, terbawa aliran darah dan tersangkut di paru-paru. Kondisi imobilisasi (tidak bergerak) ditengarai bisa memicu DVT; duduk selama lebih dari 4 jam meningikatkan resiko DVT di kaki.

Manfaat Stretching - Manfaat Stretching (Peregangan Otot) Dalam Perjalanan

Salah satu teori, kaki adalah pembuluh darah yang panjang dan jauh dari jantung. Untuk memompa darah di vena kaki kembali ke jantung, diperlukan tekanan; bergerak akan menciptakan tekanan ini. Bisa dibayangkan, apa yang terjadi bila kita hanya diam dan duduk di dalam kendaraan. Disinilah manfaat stretching (peregangan otot) diperlukan.

Manfaat Stretching atau Peregangan Otot Untuk Mencegah DVT

Prof. Dr. dr. Karmel Lidow Tambunan, Sp.PD, K-HOM dari FKUI / RSCM menyarankan agar melakukan peregangan otot atau stretching kaki selama duduk dalam perjalanan, untuk mencegah DVT. Manfaat stretching dan peregangan otot ini dapat membantu dengan melakukannya setiap setengah jam. Tekankan tumit ke lantai sesering mungkin.

Bila melakukan perjalanan dengan kereta api atau pesawat, bila mungkin berjalanlah di koridor tiap 1 jam. Bila naik bus atau mobil, turunlah dari kendaraan dan berjalanlah sebentar saat kendaraan berhenti di pom bensin, misalnya.

Usahakan tidak meletakkan barang di sekitar kaki agar terdapat ruang yang cukup luas , sehingga posisi kaki nyaman dan leluasa bergerak. Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Mereka yang lebih beresiko terhadap DVT biasanya yang memiliki sindrom darah kental.

Jadi ada baiknya mempertimbangkan untuk mengenakan stocking khusus untuk membantu menciptakan tekanan di kaki.

Demikianlah artikel kesehatan mengenai Manfaat Stretching (Peregangan Otot) Dalam Perjalanan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Stretching (Peregangan Otot) Dalam Perjalanan | Admin | 4.5