Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Kurma – Buah kurma merupakan buah manis yang berasal dari negara Arab. Dikenal juga dengan nama Tamr atau palma yang pepohonannya memiliki ketinggian hingga 20 meter. Kurma memiliki warna dominan coklat gelap kehitaman (ada juga yang berwarna terang) sebesar anggur dengan kulit berkerut dengan rasa yang manis pada dagingnya.

Manfaat Kurma - Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Sejak berabad-abad silam, buah kurma merupakan makanan sehari-hari, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya makanan pokok hingga saat ini.

Manfaat kurma diperoleh melalui kandungan lemak nabati, protein, mangan dan vitamin C. Buah kurma juga berfungsi menambah energi dengan kandungan karbohidrat yang didapat melalui 100 gram kurma. Oleh karena itulah, buah kurma kerap dijadikan santapan pembuka di saat bulan puasa menjelang Berbuka.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kurma bagi orang yang tengah menjalani ibadah puasa dapat membantu memulihkan tenaga. Selain itu, beberapa manfaat buah kurma lainnya yang perlu diketahui antara lain:

Mencegah Kanker dan Jantung

Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin akan membantu menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung.

Mencegah Kolesterol

Kandungan serat dalam kurma bermanfaat menyerap lemak dan kolesterol dalam tubuh juga menjaga kesehatan usus besar.

Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat kurma juga baik untuk mereka yang mengalami kesulitan buang air besar (sembelit). Kandungan serat dalam kurma berfungsi melancarkan pembuangan.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang berfungsi mencegah penuaan, melindungi sel sehat, dan mencegah kanker. Zat Tanin dalam kurma berfungsi melindungi tubuh dari infeksi, hemoragik serta menyembuhkan luka.

Mengandung Vitamin A dan C

Kurma juga kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kulit dan tubuh, mempercepat penyembuhan, melindungi syaraf penglihatan dan meningkatkan imun tubuh.

Mengandung Zat Besi

Manfaat kurma melalui zat besi yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Mengandung Vitamin B dan K

Dengan mengkonsumsi kurma secara teratur dapat membantu melindung syaraf serta meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah pembekuan darah dan melindungi tulang.

Demikianlah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui | Admin | 4.5