Manfaat Coklat Bagi Kesehatan & Kecantikan

Coklat adalah makanan yang sangat digemari. Selain kerap digunakan sebagai hadiah simbol cinta kepada pasangan, khasiat coklat juga bermanfaat untuk kecantikan dan pereda stress. Dalam dark chocolate mengandung kandungan antioksidan dan flavanoil yang bermanfaat mencegah kerusakan dan degenerasi sel – sel yang memicu penuaan dini.

Manfaat Coklat - Manfaat Coklat Bagi Kesehatan & Kecantikan

Kendati coklat memberi manfaat bagi kesehatan, namun memiliki efek yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan karena banyak coklat yang telah ditambahi zat pemanis, kalori dan lemak yang dapat menyebabkan kegemukan. Adapun konsumsi coklat yang membawa manfaat bagi kesehatan adalah 2 hingga 3 ons / minggu dengan kadar dark chocolate yang mencapai 70%.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

Dalam coklat hitam (dark chocolate) juga mengandung flavaniol yang dapat membunuh zat radikal bebas yang merugikan bagi tubuh manusia, seperti asap kendaraan, sinar ultraviolet, asap rokok, polusi kendaraan, zat tembaga, dll. Manfaat coklat bagi kecantikan berperan membantu menjaga kelembaban kulit dan menghindari kulit agar tidak kasar dan pecah – pecah.

Manfaat Coklat Sebagai Pereda Stress

Apa hubungannya stress dengan coklat? Dalam komposisi coklat mengandung zat molekul aktif seperti caffeine, theobromine, methylxanthine dan phenylethylalanine. Ada coklat yang mengandung semua zat tersebut, ada juga yang mengandung beberapa diantaranya. Adapun manfaat coklat yang terkandung dari zat – zat tersebut dapat berfungsi sebagai anti-depressant tingkat ringan yang dapat memberikan ketenangan dan mempengaruhi mood. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh California University, San Diego, Amerika yang melibatkan sejumlah sampel, menyebutkan adanya pengaruh kandungan coklat yang dapat mengatasi stress ringan hingga depresi.

Cara Memilih Coklat Yang Berkualitas Baik

Dengan berbagai macam jenis coklat yang beredar di pasaran saat ini, tak semua jenis coklat berkualitas baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kadar campuran, zat perisa, penguat rasa, bahkan zat pewarna, yang mengurangi khasiat coklat yang sesungguhnya.

Lalu bagaimana cara memilih coklat yang berkualitas baik?

Cara pertama, Sebelum membeli coklat, disarankan agar memperhatikan label pada kemasan coklat dan pastikan agar kadar coklat murni mencapai 70% dibandingkan dengan bahan campuran lainnya. Umumnya bahan utama tersebut akan ditulis pada urutan teratas dari tabel komposisi. Jika anda mendapati komposisi yang ditulis pada bagian atas adalah susu, gula, penguat rasa, dll, maka diduga kualitas coklat tersebut tidaklah tinggi. Umumnya, coklat berkualitas akan sebanding dengan harga yang harus dibayar.

Cara kedua untuk mengetahui kualitas coklat adalah dari tekstur dan kelembutan coklat dengan rasa yang cenderung pahit karena zat flavanoid nya yang mendominasi. Sedangkan coklat yang terasa manis bahkan sangat manis umumnya sudah terkontaminasi oleh zat gula sehingga kadar dan khasiat dari zat flavanoid pada coklat telah berkurang.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Coklat Bagi Kesehatan & Kecantikan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan & Kecantikan | Admin | 4.5