Manfaat Buah dan Sayur Untuk Perpanjang Usia

Manfaat Buah dan Sayur Untuk Perpanjang Usia – Anjuran untuk memperbanyak makan buah dan sayur, sereal dan kacang-kacangan bukan tanpa alasan. Selain mengandung vitamin, mineral, dan serat, makanan ini kuga kaya akan polifenol. Riset yang dipublikasikan di Journal of Nutrition menemukan, konsumsi polifenol tingg berhubungan dengan 30% penurunan mortalitas.

Manfaat Buah dan Sayur - Manfaat Buah dan Sayur Untuk Perpanjang Usia

Polifenol adalah senyawa pada tumbuhan yang berkhasiat sebagai antioksidan, antiradang, antikanker dan lainnya. Riset terhadap manfaat buah dan sayuran serta kacang-kacangan tersebut juga diteliti berdasarkan sampel populasi dengan follow-up 12 tahun, melibatkan 807 partisipan (laki-laki dan perempuan) usia >65 tahun di Itali, dalam studi inCHIANTI.

Studi Mengenai Manfaat Buah dan Sayur

Dilakukan analisa dengan biomarker nutrisi, yang menilai konsentrasi TUP (total urinary polyphenol). Menurut para ahli, biomarker nutrisi memberikan evaluasi yang lebih terpercaya dan akurat, mengenai hubungan antara asupan makanan dan resiko kematian atau penyakit.

Disimpulkan mortalitas (matian) berkurang 30% pada mereka yang mendapat manfaat buah dan sayur serta kacang-kacangan. Mereka yang mengkonsumsi tinggi polifenol (>650mg/hari), dibanding partisipan yang asupan polifenolnya rendah (<500 mg/hari).

Raul Zamora Ros, penulis utama riset, menyebutkan bahwa hasil riset mempertegas bukti-bukti ilmiah yang mengkonsumsi banyak buah dan sayur beresiko lebih rendah terhadap beberapa penyakit kronis dan mortalitas secara keseluruhan.

Sumber polifenol yang terdapat pada manfaat buah dan sayur, juga terkandung dalam teh dan kopi. Namun bagi mereka yang memiliki masalah lambung dan sensitif terhadap kafein, sebaiknya membatasi konsumsi kedua minuman ini karena bisa menimbulkan masalah lain. Disarankan, teh atau kopi diminum tanpa gula atau krim.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Buah dan Sayur Untuk Perpanjang Usia. Semoga bermanfaat.

Manfaat Buah dan Sayur Untuk Perpanjang Usia | Admin | 4.5