Mandi Air Dingin Selagi Berkeringat. Amankah?

Manfaat mandi air dingin memang dipercaya dapat mengembalikan kesegaran tubuh. Menormalkan suhu tubuh disamping membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh. Akan tetapi, mandi air dingin ternyata tidak dapat menghilangkan rasa lelah atau pegal-pegal pada tubuh.

Mandi Air Dingin Selagi Berkeringat - Mandi Air Dingin Selagi Berkeringat. Amankah?

Berdasarkan studi di bidang kesehatan yang dilakukan belum lama ini terhadap pengaruh mandi air dingin telah melibatkan 20 orang laki-laki yang diberi aktivitas untuk berlari terlebih dahulu selama setengah jam. Sehabis melakukan aktivitas itu, mereka diminta untuk mandi dengan menggunakan air dingin dengan cara berendam di dalam air yang telah diatur suhunya hingga 4 derajat celcius saja selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu, dikumpulkan laporan dari masing-masing pria tersebut. Rata-rata pria menyebutkan bahwa selepas mandi air dingin tersebut, rasa pegal yang terdapat pada bagian kaki dan paha setelah berlari tidaklah hilang.

Mandi Air Dingin Selagi Berkeringat Apakah Aman?

Hingga saat ini banyak yang bertanya, apakah mandi air dingin selagi berkeringat atau setelah olahraga aman untuk tubuh?

Menurut ketua peneliti tersebut, Dr. Naomi Crystal, hal tersebut tidaklah membawa manfaat apa pun sehingga tidak perlu dilakukan bahkan kebiasaan mandi air dingin yang terlalu lama dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan, seperti menyebabkan flu, masuk angin atau demam.

Mandi air dingin memang berfungsi untuk mengembalikan kesegaran dan fokus pikiran yang sedang kacau, tetapi tidak membantu menghilangkan rasa lelah atau capai. Untuk hasil yang lebih maksimal dalam mengatasi rasa lelah dan pegal, cara terbaik adalah mandi air hangat. Air hangat selain dapat melancarkan aliran darah diseluruh tubuh juga dapat merilekskan tubuh dan bagian persendian.

Demikianlah informasi mengenai Mandi Air Dingin Selagi Berkeringat. Amankah? Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mandi Air Dingin Selagi Berkeringat. Amankah? | Admin | 4.5