Makanan Untuk Kesuburan dan Reproduksi Pria & Wanita

Makanan Untuk Kesuburan – Cukup banyak sekali pasangan yang belum juga memiliki momongan setelah bertahun – tahun menikah. Hal tersebut memang dapat dipengaruhi oleh banyak hal, namun tak jarang juga faktor gizi dan makanan untuk kesuburan juga berpengaruh bagi organ reproduksi pria dan wanita.

Makanan Untuk Kesuburan - Makanan Untuk Kesuburan dan Reproduksi Pria & Wanita

Pada pria misalnya, faktor fisik yang lemah akan membuat kesuburan sperma terganggu dan berkurang selnya. Banyak pakar kesehatan menganjurkan agar banyak mengkonsumsi makanan laut sebagai makanan untuk kesuburan reproduksi selain menjalani pola makan hidup sehat, meliputi 4 sehat dan 5 sempurna. Adapun kategori makanan sehat yang wajib dikonsumsi terbagi menjadi 5 kategori, antara lain:

  • Kategori 1 ( roti, serealia, nasi, dan kentang )
  • Kategori 2 ( buah-buahan, sayuran )
  • Kategori 3 ( daging, ikan, dan kacang – kacangan )
  • Kategori 4 ( telur, susu, dan produk olahan susu )
  • Kategori 5 ( lemak dan gula)

Makanan Untuk Kesuburan Reproduksi Pria

Makanan yang berperan membantu kesuburan dan reproduksi pria antara lain makanan yang mengandung Vitamin A, B, C, E dan asam lemak esensial. Asam lemak sehat dapat ditemui pada daging ikan, tiram, bawang bombai, biji labu, polong-polongan, gandum, ragi, brokoli beras merah, sayuran hijau, bawang putih, alpukat, dan daging non-lemak. Selain itu disarankan agar menghindari sebisa mungkin makanan yang mengandung lemak jenuh dan memperbanyak mineral dan selenium.

Semua jenis makanan tersebut dapat meningkatkan jumlah sel sperma yang berpengaruh langsung terhadap kesuburan dan reproduksi pria. Dengan minimnya sel sperma atau sel yang kurang sehat akan menyebabkan kegagalan dalam pembuahan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C (yang juga disarankan untuk meningkatkan kesuburan) antara lain: jeruk, strawberry, jambu biji, kiwi dan mangga.

Sedangkan makanan yang kaya akan vitamin E dapat ditemui pada kacang dan minyak nabati. Untuk makanan yang mengandung banyak vitamin A dapat mengkonsumsi buah-buahan yang berwarna merah atau pada telur dan susu. Semua makanan kesuburan diatas mengandung selenium dan mineral seng yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan reproduksi pada pria.

Makanan Untuk Kesuburan Reproduksi Wanita

Sama seperti halnya pada pria, wanita yang ingin meningkatkan kesuburannya wajib mengkonsumsi gizi seimbang, meliputi vitamin A, B, C, E, Zat besi, asam folat dan mineral seng yang semuanya dapat ditemui pada semua jenis makanan diatas.

Tambahan asam folat juga merupakan zat makanan untuk kesuburan yang diperlukan untuk meningkatkan reproduksi dan sel telur wanita. Asam folat merupakan pecahan dari vitamin B esensial yang tak dapat diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu diperlukan nutrisi tambahan dari luar untuk mendapatkan tambahan 400 mkg dari nutrisi ini.

Zat ini sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang belakang selama masa kehamilan selain juga memberi nutrisi pada otak bayi yang sedang dikandung. Para wanita yang pernah mengkonsumsi pil KB atau obat kontrasepsi sebelumnya disarankan agar menambah asupan makanan seperti roti, kacang oat, sayuran, padi-padian dan oat untuk menguraikan hormon esterogen yang terlalu banyak. Adapun kelebihan dari hormon esterogen dapat menyebabkan kemandulan.

Demikianlah informasi mengenai Makanan Untuk Kesuburan dan Reproduksi Pria & Wanita. Semoga bermanfaat.

Makanan Untuk Kesuburan dan Reproduksi Pria & Wanita | Admin | 4.5