Jenis & Macam-Macam Diet Sehat

Terdapat banyak sekali alasan dan tujuan seseorang dalam melakukan diet. Ada yang bermaksud menaikkan berat badan, ada yang bertujuan mengurangi berat badan, ada yang semata-mata untuk mepertahankan berat badan, dan ada pula yang untuk membuat tubuh makin sehat. Tentu saja semua itu bermuara pada satu tujuan, yakni mencapai berat badan seimbang / ideal. Apalagi berat badan dengan komposisi Indeks Massa Tubuh (IMT) yang ideal merupakan salah satu ciri dari sehatnya badan seseorang.

Jenis Diet Sehat - Jenis & Macam-Macam Diet Sehat

Macam-Macam Diet Sehat

Secara spesifik, apa saja program diet sehat yang dapat kita jalankan berdasarkan tujuannya?  Diet terdiri dari beberapa macam. Berikut adalah jenis dan macam-macam diet sehat:

  • Diet Normal
  • Diet Untuk menaikkan atau menurunkan berat badan
  • Diet khusus penderita penyakit tertentu
  • Diet alergi makanan
  • Diet kelompok usia tertentu
  • Diet ibu menyusui atau ibu mengandung

Macam-Macam Diet: Pengertiannya

Berikut adalah penjabaran dari masing – masing diet:

Diet Normal

Diet normal mencakup diet standar yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mencakup kebutuhan tubuh akan protein, mineral, zat besi, vitamin serta lemak untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan jauh dari penyakit. Masing – masing dari kebutuhan tersebut, seperti protein, lemak dan karbohidrat misalnya, semuanya berfungsi untuk memproduksi tenaga dan energi. Selain itu, kebutuhan akan vitamin A, B, C, dan D semuanya diperlukan untuk menjaga organ – organ tubuh agar tetap bekerja secara seimbang dan sehat. Mineral juga bekerja secara optimal untuk membersihkan ginjal dalam mencuci semua zat kotor yang tertinggal di dalam tubuh. Orang yang menjalani diet sehat akan mencukupi semua kebutuhan tersebut.

Diet Untuk menaikkan atau menurunkan berat badan

Kalori adalah kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh dalam melakukan aktivitas. Ukuran takaran kalori ini menjadi rujukan bagi mereka yang ingin menjalani diet sehat menaikkan atau menurunkan berat badan. Bagi yang bertujuan ingin menurunkan berat badan, tentunya harus menjaga agar kebutuhan kalori tidak berlebih sehingga berat badannya akan naik. Sebaliknya, bagi yang ingin menaikkan berat badan harus mencukupi kebutuhan kalori sedikit lebih banyak daripada jumlah kalori yang akan terbakar selama menjalani aktivitas.

Tentu saja diet sehat bukan berarti seseorang mengacuhkan makanan dengan melakukan puasa ketat, melainkan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, kadar gizi, nutrisi yang menjadi asupan tubuhnya. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan sebelum menjalani diet menaikkan atau menurunkan berat badan.

Diet khusus penderita penyakit tertentu

Adapun diet khusus bagi penderita penyakit tertentu adalah upaya untuk menghindari atau membatasi jenis makanan tertentu yang menjadi pantangan bagi penyakitnya. Misalnya, gula yang berpantang dengan penyakit diabetes. Garam yang berpantang dengan penyakit ginjal dan jantung. Asam dan pedas yang berpantang dengan penyakit maag, dll.

Diet yang satu ini memang memerlukan kedisiplinan tinggi agar mereka dapat terbebas dari penyakitnya yang ditentukan oleh seberapa sukses mereka menjalani dietnya. Oleh karena itulah, beberapa orang cukup kesulitan dalam menyembuhkan penyakitnya karena tidak tahan ‘godaan’ untuk mengkonsumsi makanan yang seharusnya berpantangan dengan penyakit mereka.

Diet Alergi Makanan

Diet yang satu ini termasuk membatasi atau menghindari jenis makanan yang dapat memicu gangguan lain seperti, alergi, muntah, gatal-gatal, panas, dll. Adapun jenis makanan yang berpantangan adalah berbeda satu sama lainnya, tergantung kepada kondisi tubuh penderita. Ada yang alergi terhadap makanan sea-food, sayuran jamur, buah-buahan tertentu, dll.

Diet Kelompok Usia Tertentu

Asupan tubuh anak-anak, dewasa dan usia lanjut berbeda satu sama lainnya. Asupan gizi yang diperlukan juga berlainan. Oleh karena itu, jenis diet sehat yang dianjurkan kepada anak – anak umumnya berkaitan dengan gizi pertumbuhan. Diet sehat bagi dewasa adalah bagaimana mempertahankan kesehatan. Sedangkan diet bagi usia lanjut adalah pencegahan agar penyakit tidak muncul.

Diet Ibu Mengandung atau Menyusui

Diet sehat bukan saja disarankan bagi anak, dewasa, dan usia lanjut, tetapi juga kepada wanita yang tengah mengandung, melahirkan atau menyusui. Pada masa ini, wanita memerlukan asupan gizi yang tinggi serta menghindari beberapa makanan yang kurang membawa manfaat perkembangan seperti minuman soda, softdrink, alkohol, dll. Serta memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Selain itu, tujuan diet sehat bagi wanita hamil adalah bertujuan agar ketersediaan air ASI menjadi lancar.

Demikianlah informasi mengenai Jenis & Macam-Macam Diet Sehat. Semoga bermanfaat.

Jenis & Macam-Macam Diet Sehat | Admin | 4.5