Impetigo: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Impetigo adalah penyakit kulit dengan gejala berupa benjolan, luka pada kulit yang disertai oleh nanah pada luka. Umumnya penyakit ini lebih banyak menjangkit anak kecil. Pemicu penyakit ini seringkali disebabkan oleh kurangnya kebersihan, terutama pada badan di anak.

Impetigo - Impetigo: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Impetigo dapat menyerang dimana saja, seperti di tangan, kaki, siku dan wajah. Kendati banyak menyerang anak kecil, bukan berarti penyakit ini tidak menyerang orang dewasa. Biasanya impetigo dapat juga menjangkit orang dewasa yang biasanya terjadi setelah adanya komplikasi penyakit seperti flu maupun infeksi virus lainnya.

Penyebab Impetigo

Kuman berjenis staphylococcus dan streptococcus adalah virus yang memicu munculnya penyakit ini. Biasanya virus masuk ke tubuh melalui luka yang terbuka, jamur, koreng, luka bakar, dan sejenisnya, yang berkaitan dengan luka yang belum mengering. Tetapi, biasanya impetigo lebih rentan menyerang anak – anak.

Gejala Impetigo

Berikut adalah gejala – gejala yang dapat dikenali dari penyakit impetigo, antara lain:

  • Impetigo berawal dari luka terbuka yang terkena bakteri atau virus streptococcus atau staphylococcus, yang pada tahap selanjutnya menimbulkan infeksi, rasa gatal, kemudian menimbulkan lepuhan berisi nanah. Pada tahap berikutnya, nanah mungkin akan pecah ketika diobati. Pada tahap menuju kesembuhan umumnya luka akan mengering dan membentuk keropeng.
  • Bentuk gelembung lepuhan tidak sama satu sama lainnya. Ada yang besar ada juga yang kecil, tergantung kepada luka terbuka yang memicunya.
  • Impetigo menimbulkan rasa gatal pada luka yang bersangkutan.
  • Untuk infeksi yang lebih berat, dapat menimbulkan pembengkakan pada kalenjar getah bening di daerah sekitar luka.

Pencegahan Impetigo

Untuk mencegah timbulnya penyakit impetigo, dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat diupayakan, meliputi pencegahan dan pengobatan, antara lain:

  • Menjaga kebersihan tubuh.
  • Bila tubuh mengalami luka goresan, luka terjatuh, dsb. Segeralah untuk mencuci luka dan diberikan obat antiseptik, seperti betadyn, obat merah, dan obat luka sejenisnya 2-3x sehari. Jangan lupa untuk mencuci luka terlebih dahulu sebelum diberikan obat. Disarankan untuk membersihkan luka dengan kapas yang telah dibasahi.
  • Hindari kontak langsung luka dengan siraman air, terutama ketika mandi.
  • Jangan menggunakan peralatan maupun pakaian yang sama dengan penderita impetigo untuk mencegah penularan bakteri impetigo.
  • Bersihkan tangan setiap kali selesai mengobati luka impetigo untuk menghindari virus bakteri yang mungkin tertinggal di tangan.

Pengobatan Impetigo

Pengobatan impetigo tergantung pada kondisi dan hal yang memicu impetigo. Umumnya pengobatan untuk penyakit ini adalah dengan memakai salep antibiotik khusus secara langsung pada luka impetigo. Selain salep, ada juga obat yang harus diminum untuk mempersingkat penyembuhan.

Untuk menyembuhkan bekas keropeng, dapat mencucinya terlebih dahulu menggunakan sabun antiseptik beberapa kali sehari, terutama ketika mandi. Biasanya keropeng akan mengelupas dengan sendirinya.

Demikianlah informasi mengenai Impetigo: Penyebab, Gejala dan Pengobatan. Semoga bermanfaat.

Impetigo: Penyebab, Gejala dan Pengobatan | Admin | 4.5