Efek Stress & 4 Penyakit Yang Ditimbulkannya

Efek Stress – Kondisi stress diakibatkan oleh tekanan berlebihan yang diterima oleh fisik maupun mental (emosi). Pada saat seseorang mengalami stress, tubuh manusia akan memproduksi hormon kortisol yang bereaksi terhadap organ tubuh lainnya. Efek stress bagi tubuh dapat memicu berbagai masalah bagi kesehatan.

Efek Stress - Efek Stress & 4 Penyakit Yang Ditimbulkannya

Adapun beberapa penyakit yang disebabkan oleh stress antara lain seperti: penyakit pencernaan, kerontokan rambut, penurunan kekebalan tubuh, penuaan pada kulit, stamina, dan banyak lagi. Efek stress bukan saja berpengaruh terhadap emosi atau mental, tetapi memicu berbagai gangguan internal dalam tubuh, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Efek Stress & Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Stress

Berikut adalah beberapa efek stress dan penyakit yang diakibatkan oleh stress, antara lain:

Menurunkan Gairah – Stress yang berlebihan, dapat menurunkan gairah seseorang. Bukan saja gairah untuk beraktivitas, tetapi juga menurunkan kualitas dan gairah seksual.

Memicu Jerawat – Efek stress memicu hormon memproduksi sebum atau minyak wajah. Minyak wajah berlebih yang tercampur dengan kotoran dan bakteri merupakan penyebab utama munculnya jerawat.

Penipisan Pada Rambut & Kebotakan – Ada banyak hal yang menyebabkan penipisan pada rambut yang terjadi karena kerontokan. Akan tetapi efek stress merupakan salah satu penyebab utama dimana pengaruh stress menyebabkan keseimbangan fisiologis dan psikologis yang dapat meningkatkan intensitas dan kuantitas kerontokan pada rambut.

Mempengaruhi Pencernaan – Efek stress dapat merangsang lambung / maag memproduksi lebih banyak asam lambung yang dapat menyebabkan penyakit maag. Tentu saja salah satu gangguan pada organ pencernaan tersebut tidaklah nyaman karena akan menimbulkan rasa lemas, nyeri dan mual.

Demikianlah beberapa efek stress dan gangguan kesehatan yang ditimbulkan olehnya. Untuk mengelola stress, beristirahatlah dengan cukup, berolahraga teratur, berpikir positif, meditasi dan relaksasi, mendengarkan musik, menyalurkan hobi, dan banyak lagi. Buatlah agar hidup selalu ceria dan berbahagia.

Efek Stress & 4 Penyakit Yang Ditimbulkannya | Admin | 4.5