Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Cara mengatasi kulit belang atau kulit terbakar akibat sinar matahari ada bermacam-macam. Paparan sinar UV memang membuat kulit mengalami hiperpigmentasi atau gangguan pigmentasi seperti: kulit lebih gelap kecoklatan, keabuan, kebiruan, atau kehitaman dibanding kulit sekitarnya. Kondisi yang disebut hiperpigmentasi ini umumnya menyerang bagian pipi, dahi, bibir, hidung dan dagu.

Cara Mengatasi Kulit Belang - Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Anda perlu mengetahui cara mengatasi kulit belang ini, karena dapat hiperpigmentasi muncul saat kulit dirangsang untuk memproduksi pigmen melamin, zat pewarna tubuh akibat sinar UV. Melanin yang diproduksi di menalosit ini berfungsi melindungi lapisan kulit bagian dalam dari sinar UV. Jika terus menerus diserang sinar UV akan menimbulkan penumpukan melanin yang menyebabkan noda hitam dan dapat mempercepat penuaan pada sel kulit.

Cara Mengatasi Kulit Belang dengan Perawatan Hiperpigmentasi

Cara mengatasi kulit belang juga dapat dilakukan dengan perawatan hiperpigmentasi. Menurut dr. Laksmi Duarsa dari Universitas Udayana, Denpasar, Bali, pengobatan kulit yang mengalami hiperpigmentasi atau kulit belang, dapat dilakukan dengan obat-obatan topikal (oles) atau kombinasi krim dan gel, peeling, dan tabir surya.

Cara mengatasi kulit belang memang tergantung pada tingkat kerusakannya, pengobatan kulit belang dapat bermacam-macam. Menurut dr. Lili Legiawati dari Universitas Indonesia, salah satunya adalah retinoid yang memiliki bahan antiaging pada kulit. Zat ini mampu mendorong epitelisasi kulit, juga meningkatkan kolagen kulit untuk mengurangi garis tipis tanda penuaan.

Selain retinoid, cara mengatasi kulit belang juga dapat menggunakan hidroquikuinon, yakni bleaching agen yang bermanfaat mengurangi hiperpigmentasi. Menurut dr. Lili lebih lanjut, hidroquinon adalah bahan yang paling efektif untuk mengurangi efek samping dari sengatan sinar matahari.

Bahan lainnya untuk mengatasi kulit belang adalah AHA (alpha hydroxl acid). Kandungan yang terdapat pada bahan kosmetik umumnya dibawah 8%, sementara pada obat resep ada lebih dari 8%. AHA bekerja ekstrasel, memutus ikatan antarsel, sehingga sel menjadi lebih mudah berganti.

Secara normal untuk mengatasi kulit belang secara alami, kulit memerlukan waktu 28 hari, kulit bagian atas akan diganti oleh kulit bagian bawah. Pada usia tua, proses ini dapat berlangsung lebih lama. Bisa sampai 45 hari. Sementara AHA membantu sel lebih cepat berganti.

Beberapa jenis kosmetika juga bisa dijadikan alternatif cara mengatasi kulit belang, tentu saja merk kosmetik yang mengandung beberapa bahan tersebut. Jika kondisi kulit sudah parah, dokter kulit bisa mengambil tindakan agresif. Antara lain dengan melakukan peeling (pengelupasan) kulit.

Demikianlah artikel kesehatan mengenai Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari | Admin | 4.5