Cara Melangsingkan Tubuh Secara Sehat

Cara Melangsingkan Tubuh -Bagi anda yang memiliki tubuh yang gemuk atau sedikit gemuk tentunya pernah terlintas di pikiran berbagai pertanyaan seperti: Bagaimana cara melangsingkan tubuh secara sehat? Apakah konsumsi obat, jamu, atau membatasi makanan aman tertentu dapat membantu?

Untuk melangsingkan tubuh secara aman dan sehat tentunya tidak dapat dilakukan dalam hitungan hari. Diperlukan disiplin dan diet sehat yang wajar. Melangsingkan tubuh dengan cara ekstrim dengan maksud untuk mendapatkan hasil yang sesingkat mungkin justru tidak baik bagi kesehatan.

Cara Melangsingkan Tubuh - Cara Melangsingkan Tubuh Secara Sehat

Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami

Berikut adalah 3 tips sederhana cara melangsingkan tubuh secara sehat dan aman. Apa sajakah itu?

Konsumsi Sayur dan Buah

Anda pasti sudah sering mendengar manfaat sayur dan buah bagi tubuh. Kandungan air dan serat yang tinggi yang terkandung di dalam sayur dan buah seperti, sayuran buncis, kacang kapri, kacang polong, wortel, brokoli, selada air, kecipir, kangkung, dan mentimun adalah contoh sayuran yang sering kita jumpai dengan kandungan serat dan air yang tinggi.

Manfaat tersebut juga bisa didapat dari buah apel, pir, melon, pepaya, markisa, semangka, sirsak, pisang, jambu biji, dan mangga. Air dan serat pada buah dan sayur mengandung kalori dan lemak lebih sedikit, tetapi tetap mengenyangkan. Setelah itu, serat tinggi yang terkandung dalam sayur dan buah dapat menstimulasi pelepasan peptida yang mempengaruhi rasa kenyang, memperlambat pengosongan lambung karena butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna, mempengaruhi rasa kenyang, dan menurunkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Mengkonsumsi buah merupakan salah satu cara melangsingkan tubuh yang banyak dijalankan oleh mereka yang memiliki tubuh melebihi ideal.

Biasakanlah untuk mengganti cemilan yang berkalori tinggi dengan sayur dan buah. Namun, perlu diingat bahwa sayuran dan buah juga memiliki kalori jika dikonsumsi sebagai pelengkap sama saja Anda menambahkan kalori dalam menu anda. Oleh karena itu, gantikanlah masakan yang berkalori tinggi dengan sayur dan buah. Salah satu cara melangsingkan tubuh dapat mulai memperhatikan pola makan, yakni pada menu makanan sehari – hari. Tidak masalah tetap mengkonsumsi nasi, tetapi batasi jumlahnya. Misalnya, kurangi nasi menjadi sepertiga porsi dan imbangi dengan sayur dan buah.

Cara Melangsingkan Tubuh – Berolahraga!

Olahraga juga merupakan salah satu cara melangsingkan tubuh yang wajib dijalankan. Jenis olahraga yang baik untuk membakar lemak dan kalori adalah latihan fisik dengan intensitas sedang dalam waktu yang lama. Contohnya, jogging, aerobik, renang, skipping, bersepeda, dan treadmill kira-kira bisa membakar 300-600 kalori per-jam pada intensitas sedang. Olahraga yang dilakukan haruslah seoptimal mungkin sehingga jumlah energi yang dibakar cukup untuk menurunkan berat badan.

Olahraga bukan hanya asal mengeluarkan keringat saja. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam berolahraga. Biasakanlah memulai olahraga dengan pemanasan selama 3-3 menit terlebih dahulu sehingga tubuh tidak ‘kaget’. Jangan lupa melakukan pendinginan selama 3-5 menit setelah berolahraga agar darah kembali mengalir ke seluruh otot tubuh. Saat berolahraga, penuhi waktu yang tersedia dengan sungguh-sungguh agar proses melangsingkan tubuh dapat terpenuhi.

Pada kebanyakan orang, waktu yang digunakan untuk berolahraga lebih sedikit ketimbang waktu istirahat. Boleh saja beristirahat, tetapi segeralah kembali untuk berolahraga. Buatlah jadwal untuk berolahraga dan penuhi jadwal yang anda buat. Agar tidak jenuh dalam program melangsingkan tubuh anda, berolahragalah bersama teman, saudara, atau pasangan anda. Selain itu, berolahraga sambil mendengarkan musik juga dapat membantu untuk menyemangati anda.

Biasakanlah berolahraga minimal tiga kali seminggu selama paling sedikit 30 menit dan dapat terus ditingkatkan hingga 60 menit. Setelah itu, tingkatkan frekuensi menjadi 5-6 kali seminggu. Tidak ada aturan khusus mengenai waktu terbaik berolahraga dalam menjalankan program melangsingkan tubuh. Anda dapat melakukannya kapan saja, baik pagi maupun sore. Hal terpenting adalah memilih waktu yang cocok sehingga anda dapat melakukannya secara rutin.

Cara Melangsingkan Tubuh – Tidur Cukup!

Selain pola makan dan olahraga, pola istirahat juga harus seimbang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur cukup (8,5 jam sehari) mengalami penurunan lemak lebih besar daripada mereka yang kurang tidur (5,5 jam sehari). Mereka yang kurang tidur ternyata memiliki kadar hormon ghrelin yang tinggi. Hormon yang diproduksi di lambung ini menyebabkan akumulasi penyimpanan lemak dan meningkatkan nafsu makan dan berakibat  pada sulitnya proses melangsingkan badan.

Waktu tidur yang dibutuhkan tiap orang memang berbeda-beda tergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas. Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, tidur juga merupakan waktu yang penting bagi sel tubuh untuk berkembang dan diperbaiki. Termasuk ketika ingin menjalankan program melangsingkan badan.

Tetap disiplin dalam menjaga pola makan, rajin dan teratur berolahraga, serta tidur cukup akan membantu anda mendapatkan berat badan ideal dan melancarkan proses melangsingkan badan anda.

Demikianlah informasi mengenai cara melangsingkan badan secara sehat. Semoga bermanfaat.

Cara Melangsingkan Tubuh Secara Sehat | Admin | 4.5