Bakteri Usus dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Bakteri Usus – Bakteri seringkali dikaitkan dengan organisme yang merugikan. Bila membaca kata ‘bakteri’, yang pertama terlintas di dalam pikiran kita tentunya adalah sejenis kuman, virus, dan sebagainya yang mengganggu kestabilan metabolisme dan jaringan tubuh. Namun ternyata tak semua bakteri merugikan di dalam tubuh. Beberapa bakteri justru bermanfaat bagi kesehatan, misalnya bakteri usus lactobacillus casei shirota strain yang bisa ditemukan pada susu fermentasi.

Bakteri Usus - Bakteri Usus dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Bakteri Usus dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Berikut adalah Bakteri Usus Dan 5 Manfaatnya Bagi Tubuh seperti yang dilansir oleh Huffington Post:

Bakteri Usus – Melawan Obesitas

Salah satu kegunaan bakteri dalam usus adalah berperan dalam menghambat obesitas (kelebihan berat badan). Berdasarkan studi yang dimuat oleh Proceedings of the National Academy of Science, bakteri usus tipe muciniphila juga berperan menstabilkan ketidakseimbangan metabolisme.

Dalam salah satu studi lainnya yang dilakukan oleh Harvard University yang bekerja sama dengan Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat dengan menggunakan subjek operasi bedah lambung pada seekor tikus betina gemuk yang telah diberi bakteri usus sebelumnya, menemukan adanya peran dari bakteri usus tersebut dalam membantu menurunkan berat badannya.

Meningkatkan Nafsu Makan

Bakteri usus selain membantu pencernaan dalam mencerna makanan agar lebih sempurna, juga dapat meningkatkan nafsu makan. Tentu saja hal tersebut bermanfaat bagi mereka yang selalu merasa kenyang atau tidak nafsu makan.

Menghambat Diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan belum lama ini terhadap sampel seekor tikus betina, diketahui bahwa keberadaan bakteri dalam usus dapat menghambat bahkan memblokir laju penyebaran diabetes dalam tubuh.

Membantu Pertumbuhan Bayi

Terdapat miliaran bakteri dalam usus sehat. Menurut studi yang dilakukan oleh ilmuwan Norwegia menyebutkan dengan jumlah bakteri usus tertentu dapat membantu pertumbuhan bayi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, bakteri usus juga mempermudah bayi dalam menyerap nutrisi yang diberikan oleh si ibu.

Demikianlah informasi mengenai Bakteri Usus Dan Manfaatnya Bagi Tubuh. Semoga bermanfaat.

Bakteri Usus dan Manfaatnya Bagi Tubuh | Admin | 4.5