Aturan Pemasangan Kawat Gigi Untuk Gigi Gingsul

Pemasangan Kawat Gigi – Gigi gingsul bisa membuat seseorang tampak lebih manis atau cantik saat tertawa. Sebenarnya, gingsul adalah gigi yang ‘salah tempat’. Karena tidak mendapat tempat, gigi ini tumbuh menerobos jalurnya. Menurut drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, gigi gingsul dapat terjadi karena faktor keturunan. Misalnya dari garis ayah mendapat bentuk gigi besar, sementara dari garis ibu mendapat rahang yang kecil. Akibatnya, gig tidak mendapati cukup tempat.

Pemasangan Kawat Gigi - Aturan Pemasangan Kawat Gigi Untuk Gigi Gingsul

Ada yang senang atau bangga memiliki gigi gingsul. Ada yang merasa tidak nyaman karena merasa memiliki gigi yang cacat. Bila ada yang menghendaki, bisakah gingsul dirapikan? Bisa, dengan kawat gigi atau behel. Syaratnya harus menanti sampai gigi taring itu tumbuh. Demikian seperti yang diungkapkan oleh Drg. Rini.

Gigi taring adalah penanda / marker yang letaknya tidak boleh diubah; barisan ggi geligi yang lain akan menyesuaikan gigi taring. Gigi taring tumbuh di usia 12-13 tahun. Kawat gigi (behel) memang untuk memperbaiki susunan gigi geligi, memperbaiki pengunyahan, memperbaiki pelafalan kata yang salah, serta memperbaiki penampilan wajah. Behel mampu merapikan gigi yang menumpuk, maju / tonggos, gingsul atau renggang.

Drg. Bambang Nursasongko, SpKG(K) menjelaskan, pemakaian behel bukan untuk masalah estetis semata. Jika gigi berjejal, banyak sisa makanan yang tertinggal dan susah dibersihkan. Kawat gigi dapat menarik gigi taring yang tumbuh lebih ke atas, dan meratakannya dengan gigi yang lain.

Pemasangan Kawat Gigi (Behel) Untuk Gigi Gingsul

Akan dilakukan pemeriksaan dan analisis gigi-geligi, serta analisis foto rontgen gigi sebelum kawat gigi dipasang. Pada beberapa kasus, perlu pencabutan gigi untuk memberi ruang pada gigi untuk mundur / maju sesuai alurnya. Pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan dokter gigi spesialis orthodontis, karena dapat mengubah susunan gigi geligi dan pada kasus tertentu mengubah penampilan wajah. Juga dapat mengubah hubungan rangga sehingga mempengaruhi kenyamanan mengunyah.

Pemasangan kawat gigi ada pakemnya dan tidak boleh sembarang. Jangan asal pasang behel ke tukang gigi karena alasan murah. Kesalahan perawatan orthodontik sulit dikoreksi. Kesalahan pemasangan behel bisa menyebabkan kesalahan arah pergerakan gigi, misalnya gigi menjadi miring. Kesalahan juga bisa bersifat permanen, misalnya gigi yang sudah terlanjur dicabut untuk perawatan behel tidak mungkin dipasang lagi. Tentu saja hal tersebut berpengaruh terhadap kesehatan gigi.

Setelah behel terpasang perlu perawatan, sehingga sisa makanan tidak menumpuk disana. Setiap kali habis makan, biasakan berkumur dengan air putih. Untuk pembersihan dapat menggunakan 3 macam alat: sikat gigi khusus orthodontik, sikat gigi interdental (berbentuk sikat botol) dan benang gigi / dental fross.

Demikianlah artikel kesehatan mengenai Aturan Pemasangan Kawat Gigi Untuk Gigi Gingsul. Semoga bermanfaat.

Aturan Pemasangan Kawat Gigi Untuk Gigi Gingsul | Admin | 4.5