Artikel Kesehatan Bayi: Tips Mencegah Keracunan Air

Artikel Kesehatan Bayi – Bayi perlu minum air putih? Pertanyaan tersebut kerap muncul di kepala kaum ibu. Ibu takut, jangan-jangan si kecil haus, apalagi di siang yang panas. Dalam cuaca panas, bayi membutuhkan cairan tambahan. Sudah menjadi insting orang tua iuntuk melindungi anaknya, termasuk mencegahnya dari dehidrasi.

Kesehatan Bayi - Artikel Kesehatan Bayi: Tips Mencegah Keracunan Air

Barangkali anda sempat mencari tahu berbagai macam artikel kesehatan bayi mengenai hal ini, namun hal yang perlu diketahui dengan berlebihannya air putih yang diminum oleh bayi dapat mengacaukan keseimbangan cairan tubuh si kecil, yang dapat berujung pada keracunan air dan anak kejang.

Artikel Kesehatan Bayi: Air Putih Untuk Bayi, Perlukah?

Menurut James P. Keating, dari Medical Director The St. Louis Children’s Hospital Diagonostic Center, AS perihal artikel kesehatan bayi serta cara mengkonsumsi air untuk bayi yang berlebihan dapat menyebabkan level sodium tidak normal, menyebabkan kejang, koma, otak rusak bahkan kematian.

Bayi yang menyusui tidak memerlukan minuman lain (air). ASI mengandung cukup air yang dibutuhkan si kecil, dalam cuaca panas sekali pun. Air minum biasa, minuman berelektrolit, hingga susu formula yang terlalu encer dapat menyebabkan aktivitas otak bayi terganggu yang disebabkan oleh belum sempurnanya sistem kerja ginjal pada bayi yang melepaskan natrium bila terjadi kelebihan cairan.

Pada banyak artikel kesehatan bayi di internet tentunya juga menyebutkan bahwa bayi berusia dibawah 1 tahun memiliki resiko lebih besar terkena serangan penyakit karena belum mendapatkan cukup makanan dari luar untuk menggantikan natrium yang hilang. Juga, ginjal bayi belum bisa membuang cairan berlebih secara cepat sehingga akan menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh.

Gangguan ini akan memberikan gejala awal berupa bayi menjadi mudah merengek, mengantuk juga perubahan faktor mental lainnya, bahkan terjadi penurunan suhu tubuh bayi, pembengkakan wajah, hingga kejang.

Pengetahuan dan artikel kesehatan bayi, terutama mengenai air untuk bayi sangatlah diperlukan. Bayi juga tidak boleh sampai mengalami dehidrasi. Bayi yang mengalami keracunan air juga akan memiliki bibir yang nampak kering, diare, gelisah, sering ngompol dan muntah-muntah, dikarenakan oleh infeksi bakteri.

Jika ibu merasa perlu memberi tambahan air minum sebaiknya dibatasi 2-3 ons setiap kali memberi dan diberikan setelah bayi kenyang minum ASI. Pada artikel kesehatan bayi mengenai cara memberikan tambahan air pada bayi juga hanya dibolehkan dengan memberikan paling banyak 59 ml air dan sesuai dengan anjuran dokter terlebih dahulu.

Selain itu, juga dianjurkan agar tidak membawa bayi untuk berenang terlebih dahulu untuk menghindari kaget dan tersedaknya air pada bayi yang masih belum dapat beradaptasi dengan air.

Demikianlah informasi mengenai artikel kesehatan bayi: tips mencegah keracunan air pada bayi. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan Bayi: Tips Mencegah Keracunan Air | Admin | 4.5