Antioksidan: Khasiat dan Manfaat Bagi Tubuh dan Kulit

Antioksidan adalah zat esensial yang dibutuhkan oleh kulit dan tubuh. Efek paparan sinar matahari pada kerusakan kulit, diperantarai oleh peningkatan radikal bebas. Pada orang muda dan sehat, radikal bebas bukan masalah serius. Tubuh mereka masih dapat menghasilkan antioksidan, yang bertugas menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya stress oksidatif. Pada orang berusia tua, radikal bebas yang tinggi bisa menjadi masalah. Karena itu dibutuhkan tambahan antioksidan dari luar tubuh.

Antioksidan - Antioksidan: Khasiat dan Manfaat Bagi Tubuh dan Kulit

Pengertian Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang bekerja di kulit untuk menurunkan radikal bebas atau ROS, yang dihasilkan ultraviolet dan dapat menyebabkan pemecahan kolagen. Saat ini, banyak produk perawatan kulit, baik yang diminum maupun yang dengan cara dioleskan yang menambahkan antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat memberikan efek antiaging, dengan mencegah dan bahkan membalikkan kerusakan karena paparan sinar matahari.

Koenzim Q10 adalah zat yang memiliki aktivitas antioksidan yang besar. Zat ini menurunkan kekasaran kulit, meningkatkan hidrasi kulit, menurunkan garis-garis halus dan mempernaiki parameter perbaikan kulit, yang mengalami photoaging. Vitamin C topikal 5% yang digunakan selama 6 bulan, dapat memberikan perbaikan klinis pada penampilan kulit yang mengalami photoaging berkenaan dengan kekerasan, kehalusan dan kekeringan dibandingkan dengan placebo. Vitamin C topikal menstimulasi aktivitas menghasilkan kolagen dari dermis.

Mengenai antioksidan dan vitamin C, sebaiknya tidak diberikan sendiri. Perlu kombinasi antara vitamin E dan C secara bersamaan karena keduanya dapat bekerja secara sinergis sebagai antioksidan. Dan lebih baik agar vitamin C tidak diberikan dalam dosis tinggi sebab dapat membebani kerja ginjal. Dosis yang sesuai untuk vitamin C adalah 500 mg.

Khasiat dan Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh dan Kulit

Antiperadangan

Salah satu manfaat yang paling diinginkan dari antioksidan dari produk perawatan kulit adalah mengurangi peradangan. Antioksidan seperti asam alfa lipoic dan lain-lain, yang ditemukan dalam kulit kayu pinus dan teh hijau, dapat bekerja sebagai anti peradangan, dengan meningkatkan sirkulasi dan metabolisme sel, mengurangi peradangan, dan membuat kulit lebih cerah. Juga, membantu menjaga timbulnya jerawat.

Mengencangkan Kulit

Manfaat antioksidan yang lain adalah dapat mengencangkan kulit. Antioksidan dapat menghambat efek penuaan, dengan meningkatkan kesehatan kulit dan meremajakan penampilan. Koenzim Q10, atau Coq-10, adalah antioksidan yang sangat bagus untuk mengencangkan kulit.

Mengurangi Keriput

Antioksidan juga berperan untuk mengurangi keriput. Hampir tak mungkin menghilangkan keriput yang terjadi secara alami, karena bertambahnya usia. Tetapi, produk perawatan kulit maupun buah-buahan yang mengandung antioksidan dapat mengenyalkan kulit dan membuat orang nampak lebih muda. Sebagian besar antioksidan dapat mengurangi keriput dan garis halus pada wajah.

Untuk mendapatkan khasiat dari antioksidan dapat mengkonsumsi buah-buahan berwarna merah seperti strawberry, tomat, semangka, ekstrak kulit manggis, melon kuning, dsb.

Demikianlah informasi mengenai antioksidan: Khasiat dan Manfaat Bagi Tubuh dan Kulit. Semoga bermanfaat.

Antioksidan: Khasiat dan Manfaat Bagi Tubuh dan Kulit | Admin | 4.5