7 Gangguan Kesehatan Yang Dapat Diobati Dengan Makanan

Gangguan Kesehatan – Banyak sekali orang yang ‘terlalu mudah’ mengkonsumsi obat-obatan, bahkan segera pergi ke dokter begitu sedikit gejala gangguan kesehatan menyerang mereka. Padahal, mengkonsumsi obat – obatan kimia terlalu banyak tidaklah baik untuk organ tubuh, seperti liver dan ginjal. Informasi mengenai tips menyembuhkan penyakit ringan dengan menghindari obat-obatan dapat membaca artikel sebelumnya mengenai 30 Tips Hidup Sehat Tanpa Obat (pada poin no.2).

Gangguan Kesehatan - 7 Gangguan Kesehatan Yang Dapat Diobati Dengan Makanan

Menyembuhkan Kembung Tanpa Obat

Kembung merupakan efek yang muncul dari gangguan kesehatan pada pencernaan yang kurang baik. Sebelum anda memutuskan untuk menghabiskan uang anda untuk berobat ke dokter, penyakit kembung dapat diatasi dengan makan beberapa makanan berikut: melon, mentimun, pepaya dan selederi. Adapun makanan tersebut mengandung senyawa yang dapat menghilangkan kembung dengan cepat.

Perasaan Penuh, Penat dan Kelelahan

Perasaan penuh dan penat (disertai dengan rasa malas dan lelah) dapat diatasi dengan makanan yang seimbang dan teratur. Banyak orang yang mengabaikan jadwal makan yang seharusnya. Manusia makan 3x sehari dengan tujuan untuk menstabilkan metabolisme dalam tubuh yang terpakai selama bekerja. Selain itu, dengan jadwal makan teratur akan dapat menstabilkan gula darah dan mengatasi perasaan penuh, penat dan kelelahan.

Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan momok bagi banyak orang. Selain kerap muncul secara tiba – tiba, keberadaan jerawat juga kerap mengganggu rasa percaya diri seseorang. Terdapat banyak sekali metode untuk menyembuhkan jerawat. Namun salah satunya yang dapat anda coba adalah rajin mengkonsumsi bawang bombai atau bawang putih. Adapun senyawa antioksidan yang terkandung dalam bawang bombai dapat mencegah inflamasi yang memicu timbulnya jerawat. Tentu saja, mengkonsumsi bawang bombai lebih baik daripada konsumsi obat – obatan kimia lainnya yang belum tentu cocok dengan jenis kulit setiap orang. Khasiat bawang bombai secara lengkap akan dibahas pada artikel lainnya.

Mengatasi Mabuk Udara & Laut

Banyak orang yang sering mengalami masalah ketika menempuh perjalanan darat maupun laut. Namun semua itu dapat diatasi dengan banyak minum air putih ketika berada di dalam pesawat maupun laut. Minumlah air putih minimal satu jam sekali atau sebelum gejala mabuk datang menyerang. Bila terlanjur mabuk dan muntah, segeralah mengkonsumsi makanan berprotein untuk menggantikan cairan dan nutrisi tubuh yang terbuang.

Gejala Insomnia (Kesulitan Tidur)

Banyak hal yang menyebabkan insomnia seperti konsumsi kafein 4 jam sebelum tidur, dll. Selain itu, makan malam sesaat sebelum tidur juga seharusnya dihindari terutama yang mengandung zat gula karena justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Ambillah cemilan ringan yang mengandung karbohidrat tinggi atau buah-buahan dan jus. Mengkonsumsi susu sebelum tidur adalah anjuran yang baik untuk mengatasi problem insomnia. Bila ingin lebih ampuh lagi, tambahkan kebiasaan merendam kaki di air hangat selama kurang lebih 10 menit sesaat sebelum tidur dan rasakan keampuhannya.

Sindrom Menstruasi

PMS atau pre-menstruation syndrom adalah gejala sebelum datangnya menstruasi pada wanita yang kerap menimbulkan gangguan kesehatan bagi wanita seperti nyeri, lemas dan tak jarang ikut mempengaruhi mood. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup banyak wanita yang mengkonsumsi obat – obatan penghilang rasa nyeri. Padahal hal tersebut dapat diatasi dengan menambah konsumsi zat besi sebanyak – banyaknya yang dapat ditemui pada makanan seperti sereal, bayam, maupun suplemen zat besi.

Mengatasi Masalah Kulit Sensitif

Banyak sekali orang yang memiliki kulit yang sensitif. Tak sedikit orang yang masih juga mengalami masalah pada kulitnya meskipun telah menggunakan krim tabir surya, dsj. Untuk mengatasi hal ini, anda cukup dapat sering – sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat beta-carotine yang bisa ditemui pada sayuran wortel, bayam, semangka dan tomat. Manfaat semangka dan tomat juga dapat digunakan untuk mencegah proses penuaan dan penuruan sel pada tubuh manusia. Konsumsilah makanan – makanan tersebut selama 3-4 bulan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya secara maksimal.

Demikianlah informasi mengenai 7 Gangguan Kesehatan Yang Dapat Diobati Dengan Makanan. Semoga bermanfaat.

7 Gangguan Kesehatan Yang Dapat Diobati Dengan Makanan | Admin | 4.5