5 Macam Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Olahraga merupakan salah satu cara untuk selalu menjaga kesehatan kita, tapi tidak semua orang dengan kondisi tubuhnya dapat melakukan olahraga. Ada beberapa penyakit yang membuat seseorang mustahil melakukan olahraga bahkan jika tetap memaksakan diri bisa berakibat fatal bagi kesehatan orang tersebut.

Dengan melakukan olahraga yang tepat dan benar, maka akan dapat menyembuhkan beberapa penyakit jika dilakukan dengan teratur dan tidak melebihi kapasitas dari kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas olahraga. Olahraga yang berlebihan bukan memberikan manfaat yang positif untuk kita tapi malah akan berakibat negatif terutama bagi penderita sakit jantung.

Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung - 5 Macam Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Olahraga untuk Penderita Penyakit Jantung

Ada lima macam olahraga khusus bagi penderita penyakit jantung yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Aerobik

Meskipun pada aerobik terdapat banyak gerakan yang energik tapi gerakan pada aerobik tidak membuat kerja otot – otot jantung menjadi berat.

  • Berjalan Kaki

Menggerakan hampir seluruh bagian tubuh. Sama halnya pada aerobik, berjalan kaki juga tidak akan membuat otot jantung bekerja keras.

  • Meditasi

Meditasi adalah aktivitas yang tidak menguras tenaga banyak. Meditasi berguna untuk mengatur intesitas nafas dan membuat tenang pada kondisi batin.

  • Sepeda Santai

Melakukan aktivitas sepeda santai akan membuat otot jantung bekerja dengan intensitas ringan hingga sedang sehingga tidak akan berakibat fatal pada otot jantung.

  • Bulu Tangkis, Futsal, Sepak Bola dan Bola Basket

Olahraga-olahraga diatas memang dapat memacu kerja otot jantung tetapi pada olahraga ini terdapat waktu untuk beristiraht yang berfungsi sebagai pengatur tempo gerakan otot jantung.

Sebaiknya sebelum melakukan aktivitas olahraga lakukan pemanasan yang cukup. Pemanasan yang cukup agar kita terhindar dari cidera serta membuat otot jantung beradaptasi dengan kegiatan yang kita lakukan. Seperti 5 Macam olahraga bagi penderita penyakit jantung ini. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga karena jika kondisi tubuh sudah pada batasnya dan tetap dipaksa bukan berakibat baik pada tubuh tetapi menjadi bumerang bagi kondisi tubuh kita. Tidak sedikit orang yang meninggal karena terlalu memaksakan berolahraga. Bagaimana sudah membacanya dengan ringkas dan seksama bukan? Sekarang tinggal waktunya membagikan artikel ini untuk teman–teman kita.

5 Macam Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung | Admin | 4.5