30 Tips Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Hidup Sehat – Kesehatan adalah anugerah. Mungkin kita pernah mendengar pepatah demikian. Hal tersebut memang mengandung makna. Bayangkan, dengan kesehatan yang buruk, segala harta benda tidaklah terasa berarti. Dengan kesehatan yang buruk, kita tidak dapat menikmati kebahagiaan secara penuh. Dengan kesehatan yang buruk, kita tidak dapat melakukan apapun sebebas orang yang tubuhnya sehat dan bugar tanpa penyakit. Oleh karena itu, sebagai manusia, yang dapat kita lakukan untuk menghargai anugerah pemberian Tuhan ini adalah dengan menjaga kesehatan semaksimal mungkin.

Tips Hidup Sehat - 30 Tips Hidup Sehat Tanpa Obat

30 Tips Hidup Sehat Tanpa Obat

Untuk menjadi sehat, terdapat banyak sekali hal yang perlu kita ketahui dan upayakan, selain sebatas berolahraga dan beristirahat secara rutin. Pada kesempatan ini situs Artikel-Kesehatan akan menuliskan secara panjang lebar 30 Tips Hidup Sehat yang dapat anda tempuh untuk mendapatkan kualitas hidup sehat yang bahagia dan jauh dari penyakit. Mempertimbangkan panjangnya artikel yang akan dimuat, maka kami akan menuliskannya secara bersambung ke dalam beberapa bagian.

Tips Hidup Sehat 1: Mengenali Penyakit Anda Sendiri

Poin yang pertama ini merupakan salah satu hal krusial yang mendahului semua poin. Sangatlah penting untuk menyadari semua kekurangan pada kesehatan fisik kita. Hal ini akan membantu anda untuk bertindak mengenai hal apa yang boleh dan tak boleh dilakukan agar masalah pada tubuh tersebut tidak kambuh.

Sebagai contoh, sebagian orang mungkin tidak akan cocok dengan makanan yang asin, yang dapat memicu penyakit diabetes. Ataupun seafood yang dapat memicu kenaikan kadar asam uratnya. Setiap manusia memiliki -setidaknya- satu jenis penyakit yang kerap diidapnya. Dengan mengenali diri sendiri dengan baik, maka anda akan dibekali pengetahuan untuk melakukan hal yang boleh dan tidak boleh untuk mengendalikan penyakit anda.

Tips Hidup Sehat 2: Jangan Biasakan Minum Obat

Tips Hidup sehat ini mungkin terdengar janggal oleh anda. Jangan biasakan meminum obat! Tidak ada yang salah dengan poin kedua. Banyak sekali orang yang membiasakan diri dengan meminum obat hanya disebabkan oleh penyakit ringan, seperti: batuk, pilek, migrain, sedikit demam, pusing, dsb.

Tubuh manusia memiliki imun tersendiri yang berfungsi dalam memerangi semua penyakit diatas secara otomatis. Dengan memberikan porsi istirahat cukup selama 2-3 hari akan dapat meredakan jenis penyakit diatas tanpa obat. Bahkan untuk gejala pusing kepala ada kalanya dapat disembuhkan dengan hanya menghirup udara segar di taman selama beberapa lama. Demam berkeringat menunjukkan adanya perlawanan imun tubuh dalam melawan virus. Sedangkan bersin dan batuk-batuk menunjukkan adanya upaya dari imun dalam mengeluarkan kuman atau bakteri dari saluran pernafasan.

Tips hidup sehat kedua adalah berusaha untuk memberi waktu kepada imun tubuh menyembuhkan penyakit tersebut terlebih dahulu. Lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C selama 3 hari untuk memperkuat imun dalam melawan penyakit. Bila setelah 3 hari gejala tidak membaik barulah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi lebih lanjut.

Tips Hidup Sehat 3: Cukupi Kebutuhan Akan Gizi Makanan

Setiap orang wajib untuk mengkonsumsi gizi yang teratur bagi tubuh mereka. Gizi yang seimbang dan ideal bagi asupan tubuh adalah terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan mineral, yang semuanya dapat ditemukan pada jenis makanan.

Kebutuhan akan gizi setiap orang berbeda satu sama lainnya, tergantung kepada kondisi tubuh orang yang bersangkutan, berat badan, tinggi, usia, dsb. Makanan yang mengandung gizi yang seimbang adalah seperti yang dirangkum dalam Konferensi Gizi Internasional WHO pada tahun 1992 yang mencetuskan teori makanan 4 sehat 5 sempurna sebagai nasehat atau tips hidup sehat.

Berdasarkan panduan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang dikeluarkan oleh Direktorat Gizi Depkes pada tahun 1995, memuat panduan yang memberi petunjuk tentang tips hidup sehat melingkupi informasi makanan, keseimbangan zat gizi, dll, yang dapat didapatkan melalui makanan – makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari. Dalam poin tersebut mengelompokkan 3 bahan makanan utama, yaitu:

  • Sumber energi / tenaga; yang diperlukan dengan jumlah yang paling banyak untuk memenuhi asupan energi (contoh: beras, gandum, jagung, sereal, kentang, dll).
  • Sumber zat pembangun; yang dibutuhkan sebagai pelengkap dan pendukung (contoh: sayur dan buah – buahan).
  • Sumber zat pengatur; yang diperlkan dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan sumber zat pembangun (contoh: ikan, telur, ayam, daging, susu, kacang-kacangan, dsb).

Adapun beberapa poin tips hidup sehat yang masuk ke dalam pedoman PUGS antara lain:

  • Cukupi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein dan vitamin / mineral. Semua itu dapat didapat melalui 3 bahan makanan utama diatas.
  • Badan pangan dunia WHO menyarankan agar tubuh dicukupi dengan 55 – 75 persen energi total yang didapat dari karbohidrat dan konsumsi gula yang hanya diperbolehkan 10% saja.
  • Kurangi asupan lemak hingga 1/4 dari kebutuhan energi. Konsumsi lemak yang berlebihan dapat menimbulkan kolesterol, lemak darah, dan jantung.
  • Cukupi asupan akan zat besi untuk mencegah penyakit kurang darah (anemia). Kebutuhan akan zat besi dapat diperoleh melalui sayuran, kacang-kacangan, telur, daging serta lauk hewani.
  • Asupan ASI pada bayi diberikan hingga maksimal berusia 6 bulan. Dengan pemberian ASI selama 6 bulan dinilai sudah mencukupi kebutuhan gizi pada bayi.
  • Biasakan Sarapan Pagi untuk menjaga ketahanan fisik dan mempertahankan stamina tubuh dalam menjalankan aktivitas.
  • Konsumsi air putih 8 gelas sehari.
  • Olahraga lah secara teratur, minimal 4-5 x selama seminggu. Jenis olahraga yang dapat anda pilih bisa berupa, lari pagi, senam, fitness, sepakbola, bulu tangkis, dll, yang disesuaikan dengan hobi anda. Nasehat berolahraga adalah nasehat yang kerap dianjurkan sebagai salah satu tips hidup sehat.
  • Hindari minuman beralkohol yang berlebihan.
  • Hindari makanan yang mengandung zat pewarna makanan, bahan kimia, dsb.
  • Awasi tanggal kadaluarsa pada produk makanan. Selain itu, anda dapat juga memeriksa kandungan gizi dan komposisinya.

Demikianlah informasi mengenai 30 Tips Hidup Sehat (Bagian 1). Semoga bermanfaat.

30 Tips Hidup Sehat Tanpa Obat | Admin | 4.5