10 Manfaat Bir Bagi Kesehatan Tubuh

Bir adalah minuman khas Eropa yang sudah dikenal sejak abad ke-8. Sebagai minuman yang digemari di seluruh dunia, manfaat bir tidak saja terbatas sebagai penghangat tubuh namun juga diketahui dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Tentu saja kualitas bir ikut mempengaruhi.

Bir berkualitas umumnya memberi manfaat bagi kesehatan dengan catatan tidak diminum terlalu banyak dan berlebihan. 1 hingga 2 gelas setiap hari sudah cukup untuk menjaga kondisi tubuh.

Manfaat Bir - 10 Manfaat Bir Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bir Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah manfaat bir yang bisa anda dapat bila dikonsumsi secara benar dan teratur. Setidaknya terdapat 10 manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Mengandung Zat Antioksidan

Antioksidan adalah zat pencegah proses oksidasi dan kerusakan sel pada tubuh yang meliputi proses penuaan, sel DNA, sel kanker, sel jaringan, dsb. Salah satu manfaat bir adalah berfungsi sebagai antioksidan, terutama pada bir hitam.

  • Mencegah Batu Ginjal

Alkohol diketahui dapat membahayakan ginjal. Namun alkohol yang terfermentasikan pada bir justru dapat bekerja sebaiknya. Menurut ADA Times, manfaat bir dapat memperkecil resiko terserangnya penyakit batu ginjal. Hops dapat menyeimbangkan kadar kalsium pada tulang yang jika berlebih dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Sedangkan 90% kadar air pada bir juga berfungsi sebagai pembersih ginjal.

  • Kaya Nutrisi

Dalam setiap 12-ounce bir mengandung vitamin B6 seperti Niaci, pantothenic, acid, folate, riboflavin, silicon, juga vitamin B16.

  • Mencegah Dehidrasi

Komposisi Bir yang terdiri dari 80 hingga 90 % air dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. Konsumsi bir dapat bermanfaat untuk melengkapi konsumsi air putih.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat bir adalah memperlancar peredaran darah yang juga kaya akan serat. Dengan mengkonsumsi bir secara teratur sangat baik untuk kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi insomnia.

  • Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pengkeroposan tulang. Zat pada bir diketahui dapat meningkatkan dan mempertahankan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya pengkeroposan tulang, terutama pada usia senja.

  • Menurunkan Resiko Diabetes

Dari hasil ujicoba yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada tahun 2011 terhadap lebih dari 38.000 sampel orang berusia tengah-baya yang mengkonsumsi bir secara rutin menunjukkan persentase mengidap penyakit diabetes yang lebih kecil. Dari kesimpulan tersebut diketahui dengan mengkonsumsi bir dapat menurunkan resiko diabetes hingga 25 %. Namun juga disebutkan bahwa konsumsi bir yang terlalu banyak justru tidak membawa manfaat.

  • Menurunkan Resiko Kanker

Zat carcinogens yang terkandung dalam bir disebutkan mampu meredam resiko terjangkitnya penyakit kanker hingga 70%. Umumnya, mereka menggunakan bir sebagai masakan dengan merendamnya atau me-marinasi bersama dengan santapan daging.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Berdasarkan hasil penelitian menujukkan manfaat bir juga dapat mengurangi resiko stroke dan meningkatkan kinerja otak dan penurunan daya ingat dan mencegah penggumpalan darah di otak.

  • Membunuh Virus

Setiap bir memiliki rasa khas yang pahit yang dihasilkan oleh sejenis tanaman khusus (hop). Menurut penelitian, kandungan dalam tanaman tersebut mengandung senyawa kimia yang dapat memberi proteksi terhadap kekebalan tubuh serta membantu membunuh virus dan penyakit, hingga mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.
Demikianlah 10 manfaat bir bagi kesehatan yang bisa anda peroleh. Namun bukan berarti setiap dari kita harus mengkonsumsi bir secara wajib. Karena meskipun bir banyak digemari oleh orang – orang, namun tidak sedikit pula yang tidak terlalu menyukai minuman beralkohol yang pahit ini. Selain itu juga ditentukan oleh faktor gaya hidup setiap orang yang berbeda – beda.

Artikel kesehatan lainnya mengenai: Rahasia & Tips Awet Muda Dengan 6 Jenis Makanan ini.

10 Manfaat Bir Bagi Kesehatan Tubuh | Admin | 4.5